Ada Toyota Lintas Generasi di Garasi Gatot Nurmantyo

Mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Arif Firmansyah

VIVA – Gatot Nurmantyo masuk dalam topik yang banyak dicari di Google pada hari ini, Rabu 19 Agustus 2020. Pria yang pernah menjabat sebagai Panglima TNI itu, menjadi viral usai hadir dalam acara deklarasi Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia atau KAMI pada Selasa kemarin.

Soroti Pengeroyokan Relawan Ganjar di Boyolali, Gatot Nurmantyo: Saya Tak Yakin Dipukul Batu

Gatot menjabat sebagai Panglima TNI periode 2015-2017. Sebelumnya, ia pernah menjabat sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Darat dan juga  Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat. Ia menjadi Panglima TNI pada usia 55 tahun.

"Saya akan senantiasa menjunjung tinggi sumpah prajurit," ujarnya dalam acara sumpah jabatan saat pelantikan di Istana Negara lima tahun lalu.

Jelang Pensiun, Yudo Margono Pamit di Depan Para Mantan Panglima TNI dan Prajurit Tiga Matra

Menjadi tentara bukan cita-cita Gatot saat belia. Awalnya, ia memilih untuk menjadi arsitek, namun hal itu harus dikubur karena keinginan sang ayah. Pada 1982, ia lulus Akademi Militer dan langsung mengabdi untuk bangsa dan negara.

Kijang Super.

PKS Buka Pintu Lebar Jika Gatot Nurmantyo Gabung Tim Pemenangan Anies-Cak Imin

Kariernya terus menanjak. Gatot mulai bersinar saat ditarik dari Papua ke Jakarta. Ia menjadi Kasdivif 2/Kostrad, lalu ke Dirlat Kodiklat. Luas wawasannya akan pendidikan dan pelatihan, ia ditempatkan sebagai orang nomor satu di Akademi Militer sebagai Gubernur Akmil pada 2010.

Tak lama kemudian, Gatot ditunjuk menjadi Pangdam Brawijaya, menggantikan Mayor Jenderal TNI Suwarno. Tak sampai setahun, dia kembali ditugaskan sebagai Dankodiklat TNI AD.  Kariernya terus naik, hingga akhirnya diangkat menjadi Pangkostrad pada 2013.

Selain karir yang cemerlang, Gatot juga memiliki selera unik dalam pemilihan kendaraan pribadi. Berdasarkan penelusuran VIVA Otomotif di data Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara, Rabu 19 Agustus 2020, ia diketahui memiliki tiga mobil pribadi yang semuanya merek Toyota.

Ketiga mobil tersebut berbeda tahun pembuatannya, mobil pertama adalah Toyota Kijang Super rakitan 1996 dengan taksiran nilai Rp40 juta. Lalu, ada sport utility vehicle Toyota Harrier lansiran 2001 dengan nilai jual Rp120 juta. Terakhir, Gatot memiliki multi purpose vehicle Toyota Alphard buatan 2006 yang harganya Rp385 juta.

Baca juga: Mobil MPV Kaum Menengah Ini Jadi Terlaris

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya