Spesifikasi Mobil Esemka Garuda 1

Esemka Garuda 1
Sumber :
  • Instagram @esemka_official

VIVA – Mobil Esemka Garuda 1 kembali viral di dunia maya. Kendaraan yang disebut-sebut akan diproduksi secara lokal ini dahulu pernah beberapa kali tertangkap kamera, sedang dibawa oleh truk di jalan raya.

Bakal Hijrah ke IKN, Presiden Prabowo dan Wapres Gibran Pakai Mobil Dinas Listrik?

Saat ini, Esemka baru membuat dan memasarkan satu tipe kendaraan saja, yakni pikap Esemka Bima dengan mesin 1.200cc. Mobil tersebut diluncurkan secara resmi di pabrik mereka yang berlokasi di Boyolali, Jawa Tengah.

Menurut data di Kementerian Dalam Negeri, PT Solo Manufaktur Kreasi sudah mendaftarkan dua tipe kendaraan untuk diproduksi massal. Dua model yang dimaksud adalah Esemka Bima, dan Esemka Garuda 1.

Jokowi Bakal Siapkan Program Unggulan Prabowo-Gibran Masuk dalam RAPBN 2025

Esemka Garuda 1 yang mengusung wujud sport utility vehicle banyak ditunggu oleh masyarakat. Bahkan, mantan Kepala Staf TNI Angkatan Udara, Marsekal TNI Yuyu Sutisna pernah mencoba mobil tersebut saat berkunjung ke pabrik Esemka tahun lalu.

Tampilan depannya terlihat canggih, dengan lampu berteknologi proyektor dan grille besar di bagian depan. Pada bagian belakang, lampu rem diberi aksen garis yang mirip dengan milik BMW. Bagian kabin diberi nuansa dua warna, hitam untuk dasbor dan panel serta krem untuk jok. Pengemudi bisa mengatur jok hingga enam cara, tapi sayangnya masih manual.

Petinggi PPP Minta Pimpinan Realistis Segera Gabung Koalisi Prabowo-Gibran

Berdasarkan penelusuran VIVA Otomotif, Selasa 25 Agustus 2020, dari data Nilai Jual Kendaraan Bermotor yang tercantum dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 101 tahun 2019, diketahui nilai Esemka Garuda adalah Rp219 jutaan.

Namun, pada Permendagri nomor 8 tahun 2020 tentang NJKB, disebutkan bahwa nilai Esemka Garuda menjadi Rp278 jutaan. Artinya, ada kenaikan harga sekitar Rp59 juta.

Beberapa waktu lalu, Kementerian Perhubungan pernah menyebut bahwa mesin Esemka Garuda 1 perlu diperbarui standar emisinya. Dari spesifikasi yang ada di Kemendagri, diketahui bahwa Esemka Garuda 1 memakai mesin berkapasitas 2.000cc dengan transmisi manual.

Baca juga: Dahsyatnya Ahok, Garasi Rumah Banyak Mobil Mewah

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya