Gagahnya Mobil Fortuner yang Dipakai Menjaga Perbatasan

Fortuner di Perbatasan India
Sumber :
  • Cartoq

VIVA – Hampir setiap negara memiliki perbatasan wilayah dengan negara lainnya. Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi, wilayah tersebut biasanya dijaga oleh pasukan khusus.

Terpopuler: Harga Toyota Fortuner Hybrid, Land Cruiser Tangguh Versi Murah

Seperti perbatasan antara India dengan Tibet, yang batas demarkasinya memiliki panjang lebih dari 800 kilometer. Sebagian dari wilayah tersebut berada di Pegunungan Himalaya, sehingga proses penjagaannya menjadi lebih susah.

Baca juga: Apakah Layak Mengubah Undang-Undang demi Pesepeda?

Terpopuler: Deretan Negara Bantu Israel, Pendeta Gilbert Dilarang ke Makassar hingga Iran Diserang

Dilansir VIVA Otomotif dari laman Cartoq, Senin 31 Agustus 2020, pemerintah India memiliki tim khusus untuk menjaga wilayah tersebut, yakni Indo-Tibetan Border Police atau ITBP. Anggotanya berasal dari kepolisian, yang dilatih secara militer.

ITBP didirikan pertama kali pada 1962, saat situasi antara pemerintah China dan India memanas dan berujung pada perang. Pasukan ini adalah salah satu dari tujuh divisi kepolisian yang dikerahkan khusus untuk angkat senjata.

Spesifikasi Toyota Fortuner Hybrid yang Dijual Rp700 Jutaan

Untuk menunjang operasional mereka, pemerintah India memberi beberapa fasilitas, termasuk kendaraan. Salah satu mobil yang sering dipakai menjaga perbatasan tersebut, yakni Toyota Fortuner.

Sport utility vehicle itu sudah hadir di India sejak 10 tahun lalu, dan kerap jadi andalan saat harus melalui medan berat. Selain dibekali mesin bertenaga, Toyota Fortuner juga memiliki kemampuan penggerak empat roda, jadi dapat dengan mudah menaklukkan terjalnya pegunungan.

Meski Fortuner yang dipakai masih generasi pertama, tapi kendaraan itu sudah dimodifikasi sesuai kebutuhan. Selain dibekali pelindung antipeluru, bagian dalamnya juga diubah agar bisa digunakan untuk membawa senjata berat dan peralatan radio komunikasi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya