Nissan Kicks Jadi Mobil Canggih Termurah di RI, Benarkah?

Tampilan belakang All New Nissan Kicks e-Power
Sumber :
  • Viva.co.id/ Pius Mali

VIVA – Sebelum teknologi berkembang, mobil hanya memakai mesin konvensional sebagai jantung penggerak utama. Kini, pabrikan menyematkan motor listrik untuk tambahan tenaga, sekaligus menghemat bahan bakar minyak.Umumnya, mobil yang mengkombinasikan motor listrik dan mesin konvensional disebut sebagai hybrid.

Toyota Starlet Bakal Dihidupkan Lagi sebagai Mobil Listrik, Begini Tampangnya?

Namun, produsen otomotif Nissan punya istilah dan cara kerja yang berbeda, pada teknologi e-Power. Sistem kerjanya pun sedikit berbeda, karena mobil hanya mengandalkan motor listrik untuk menggerakan roda, dan mesin konvensionalnya hanya dipakai untuk sumber energi untuk mengisi daya listrik pada baterainya.

Marketing Director PT Nissan Motor Indonesia,Bagus Susanto mengatakan, teknologi e-Power salah satunya ada di produk All New Kicks. Mobil itu dibanderol Rp459 juta, dan berkompetisi di segmen sport utility vehicle kompak di pasar otomotif nasional.

Membetulkan Bodi Mobil Berstandar Pabrik Cuma Butuh Waktu 8 Jam

"Saya setuju kalau mobil ini disebut canggih, tetapi kalau termurah kami serahkan kepada khalayak. Sebab, bukan tanpa maksud kami memberikan harga yang menarik untuk mobil canggih ini," ujarnya di Jakarta, Jumat 4 September 2020.

Jika melihat kebutuhan pengguna mobil di Indonesia, kata Bagus, ada konsumen yang memutuskan sudah siap untuk pindah dan siap dengan mobil listrik, baik yang mengkombinasikan mesin konvensional maupun yang hanya memakai motor listik dan bateri sebagai penggeraknya.

Toyota Luncurkan Fortuner Edisi Terbaru, Dapat Fitur Menarik

Baca juga: Ini Bedanya e-Power Nissan dengan Teknologi Hybrid Mobil Lain

"Di sisi lain, banyak yang menganggap kendaraan berteknologi canggih dan pakai energi listrik pasti mahal. Dengan Kicks e-Power serta harga yang kami tawarkan, nantinya tidak terlalu besar jarak harga jika konsumen ingin beralih ke mobil listrik," paparnya.

Jika menelisik harga mobil sejenis, maka Kicks e-Power memang bisa dikategorikan sebagai yang termurah. Sebab, mobil hybrid yang dipasarkan di Tanah Air rata-rata memiliki banderol di atas Rp500 juta.

Mesin dan komponen kelistrikan Nissan Kicks di kap depan

Toyota misalnya, produk hybrid SUV C-HR  dijual mulai dari Rp546,29 juta, sedan Corolla Altis Rp586,25 juta, dan Camry Rp842,15 juta. Sementara Crolla Cross Hybrid yang diluncurkan Agustus 2020, dibanderol Rp497,8 juta. Dari merek Mitsubishi, ada satu produk Outlander PHEV yang dilabeli harga Rp1,304 on the road DKI Jakarta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya