Mobil F1 Honda Diperbaiki di Bengkel Indonesia, Ada Buktinya

Mobil balap F1 tim BAR Honda yang diservis di bengkel Indonesia
Sumber :
  • YouTube BS Simulator

VIVA – Para penggemar balap Formula 1 di Indonesia yang kantongnya pas-pasan, hingga saat ini hanya bisa menyaksikan wujud dari jet darat yang digunakan untuk lomba melalui tayangan video.

Punya Bos Baru, Honda Indonesia Targetkan Elektrifikasi Penuh 2040

Alhasil, deru putaran mesin yang mencapai belasan ribu rotasi per menit hanya bisa dinikmati melalui pengeras suara, sementara suara aslinya jauh lebih memekakkan telinga dan membuat tubuh merinding.

Baca juga: Cara Parkir Paralel ala Pengemudi Innova yang Viral

Bale Santai Honda untuk Pemudik Motor Tersedia di KM 35 Serang

Mobil yang mampu melaju hingga kecepatan lebih dari 350 kilometer per jam itu, pernah dipajang di salah satu pameran berskala internasional yang digelar di Ibu Kota.

Pengunjung pameran hanya bisa melihat mobil tersebut dalam kondisi diam, karena memang dihadirkan hanya untuk keperluan promosi saja.

Puluhan Orang Didenda Gara-gara Mencuci Mobil

Diketahui ada tiga mobil balap F1 versi replika yang pernah diboyong ke Indonesia, yakni milik tim Ferrari, Mercedes dan Toro Rosso.

Dua mobil yang disebutkan terakhir dibawa oleh Honda Indonesia, karena saat dipacu di lintasan menggunakan mesin pabrikan asal Jepang itu.

Namun, ternyata ada mobil F1 Honda lainnya yang juga ada di Tanah Air, namun jarang dipajang di muka publik. Dilansir VIVA Otomotif dari Facebook milik BS Simulator, Kamis 10 September 2020, kendaraan itu diparkir di salah satu bengkel yang tidak diketahui lokasinya.

Menurut pemilik akun, mobil itu digunakan saat ajang balap 2003 oleh tim BAR Honda. Statusnya kini menjadi milik salah satu produsen tembakau, yang menjadi sponsor dari tim kala itu.

“Dilihat dari body nya, ini adalah Bar Honda 005 2003. punya salah satu pabrik rokok ternama di Indonesia, lagi ditaruh di bengkel temen untuk keperluan restorasi,” tulis pemilik akun.

Sayangnya, kendaraan itu tidak dilengkapi dengan mesin dan transmisi bawaan saat balap. Dapur pacunya sudah diganti dengan mesin lain, yang performanya lebih rendah. Hal itu bisa diketahui, dari deru suara knalpot yang dihasilkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya