Sehari Bersama DFSK Glory i-Auto, Hasilnya Enggak Nyangka

Mobil baru DFSK Glory i-Auto dirakit secara lokal di Indonesia
Sumber :
  • dok. PT Sokonindo Automobile

VIVA – Stigma mobil China yang murah namun tidak bisa diandalkan kualitasnya, masih melekat kuat di masyarakat Indonesia. Tak heran apabila mereka menjadikan produk merek Jepang dan Eropa, sebagai pilihan utama.

Deretan Mobil SUV China di Indonesia 2023

Menawarkan produk otomotif ke orang Indonesia memang tidak mudah, banyak faktor yang jadi pertimbangan mereka. Mulai dari desain, fitur, kualitas, performa, hingga layanan purna jual. Seringnya, konsumen di Tanah Air menginginkan semua hal itu ada dalam unit yang jadi incaran mereka.

Baca juga: Mobil F1 Honda Diperbaiki di Bengkel Indonesia, Ada Buktinya

Indonesia Belum Siap untuk Mobil Canggih Ini

Tentu tidak mudah untuk mewujudkan keinginan itu. DFSK sebagai salah satu pendatang baru asal China, coba merangkum sebagian besar dari syarat tersebut, ke dalam produk mereka yang diberi nama Glory i-Auto.

Meski sudah dipamerkan sejak tahun lalu, namun mobil yang masuk dalam segmen sport utility vehicle tersebut baru resmi dijual pada Juli tahun ini. Harganya Rp329 jutaan, dengan status on the road Jakarta.

Mobil Pesaing Wuling Air ev Segera Hadir di Indonesia, Harga Lebih Murah

Saat diberi kesempatan untuk menguji jalan mobil tersebut, VIVA Otomotif berusaha membuang jauh-jauh citra buruk mengenai mobil China, demi bisa mendapatkan gambaran jelas mengenai kualitas dari Glory i-Auto. Hasilnya ternyata di luar dugaan.

Secara desain luar, mobil ini memiliki tampilan yang gagah dan menarik. Roda berukuran 18 inci tampak serasi dengan besarnya bodi, dan kombinasi warna pelek gunmetal serta rem berkelir merah memberi kesan sporty.

Bagian depan terlihat mewah dengan sorotan lampu LED dan desain grille baru. Satu catatan penting, untuk membersihkan grille butuh lebih dari sekadar lap karena desainnya yang banyak tonjolan.

DFSK Glory i-Auto sudah dibekali dengan sensor pintu bagasi, namun pengoperasiannya membutuhkan sedikit teknik agar kaki bisa dideteksi dengan sempurna. Nyala lampu beloknya mirip dengan produk buatan Audi, sayangnya hal yang sama tidak ditemukan saat menutup pintu mobil ini.

Masuk ke dalam kabin, nuansa mewah ala mobil Eropa langsung terlihat. Tapi, lagi-lagi sensasi yang didapat tidak bisa 100 persen, karena penggunaan material yang kualitasnya di bawah mobil Jepang pada bagian panel. Adanya panoramic roof cukup menghibur, dan proses buka-tutupnya bisa dilakukan dengan perintah suara.

Mobil yang bisa diisi hingga tujuh orang ini dibekali mesin empat silinder berkapasitas 1.500cc, dan mendapat tambahan turbocharger. Di atas kertas, tenaganya mencapai 108 daya kuda dan torsi 220 Neton meter. Jangan mimpi mengetahui konsumsi bahan bakarnya, karena DFSK tidak menyediakan fitur itu pada layar instrumen.

Satu fitur lain yang tidak kalah menarik dari DFSK Glory i-Auto, yakni kamera 360 derajat. Ini sangat membantu saat harus parkir atau sedang melewati jalan yang sempit. Gambar yang ditampilkan cukup jelas, meski kondisinya malam hari.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya