Dua Mobil Daihatsu Tempati Tahta LCGC Terlaris di RI

Booth Daihatsu di GIIAS 2019
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Sejak tujuh tahun lalu atau tepatnya pada 2013, diluncurkan regulasi untuk Kendaraan Bermotor Roda Empat Hemat Energi dan Harga Terjangkau (KBH2). Dengan demikian, pabrikan otomotif pun mulai memproduksi dan menjual produk tersebut kepada masyarakat.

Toyota dan Daihatsu Reformasi Besar-besaran

Masyarakat awam lebih akrab menyebut KBH2 sebagai mobil LCGC (Low Cost Green Car). Di awal kehadirannya, ada lima merek yang ikut memasarkan, yakni Toyota, Daihatsu, Honda, Suzuki, serta Datsun.

Meski demikian, Datsun menyerah dan tak lagi memproduksi serta menjual produknya sejak awal 2020. Saat ini hanya empat merek yang terus memproduksi dan memasarkan mobil LCGC di dalam negeri.

Daftar Mobil Hybrid Terlaris per Maret 2024, Angkanya Bikin Kaget

Dari awal kehadirannya sampai saat ini, mobil ini ditawarkan kepada masyarakat yang ingin beralih dari kendaraan bermotor roda dua ke kendaraan roda empat. Tak heran, banderol LCGC hingga kini tetap berada di kisaran Rp100 jutaan.

Baca juga: Mobil Bekas Tentara Turki Dijual Online, Harganya Tembus Rp890 Juta

Honda Antar 2 Ribuan Pemudik Menuju Kampung Halaman Menggunakan 59 Bus

Mengacu pada data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), diketahui penjualan mobil-mobil LCGC dari pabrik ke dilernya (wholesales) sepanjang Januari sampai Agustus 2020 mencapai 63.952 unit.

Jika ditelusuri, penjualan di bulan Agustus 2020 saja mencapai 6.481 unit. Angka tersebut mengalami kenaikan sekitar 137 persen, bila dibandingkan penjualan di Juli 2020 yang hanya mencapai angka 2.745 unit.

Lantas, mobil LCGC apa yang terlaris selama Agustus 2020? Masih dari data yang sama, diketahui Daihatsu Sigra menduduki peringkat pertama penjualan dengan jumlah 2.136 unit. Di bawahnya ada Daihatsu Ayla dengan pencapaian penjualan 1.294 unit.

Posisi ketiga mobil LCGC terlaris ditempati oleh produk Honda Brio Satya, yang wholesalesnya mencapai 1.158 unit. Menyusul di bawahnya ada Toyota Calya yang selama bulan lalu dijual 978 unit, Toyota Agya 809 unit, serta Suzuki Karimun yang mencatat wholesales 109 unit.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya