Logo WARTAEKONOMI

Tesla Siapkan Mobil Murah, Harga Setara Kijang Innova

Prestige Motorcars meluncurkan mobil listrik Tesla Model 3
Prestige Motorcars meluncurkan mobil listrik Tesla Model 3
Sumber :
  • Viva.co.id/Pius Mali

Chief Executive Officer Tesla, Elon Musk mengakhiri acara "Battery Day" Tesla dengan beragam janji besar tentang harga mobil masa depan Tesla yang akan dibanderol US$25.000 atau Rp372 juta, setara dengan harga Toyota Innova. Ia juga mengumumkan versi ultra-cepat baru dari Model S.

Dikutip dari CNN Business di Jakarta, Kamis (24/9/2020) setelah meninjau perbaikan dalam desain baterai Tesla dan kemajuan manufaktur yang menghasilkan pengurangan besar dalam biaya baterai, Musk menjanjikan mobil listrik Tesla seharga US$25.000 yang akan tersedia dalam waktu sekitar tiga tahun.

Mobil itu adalah mobil yang jauh lebih murah daripada mobil manapun yang dibuat Tesla. Namun, Musk terkadang kurang menepati janji, bahkan tidak memenuhi sama sekali. Bertahun-tahun yang lalu, Tesla menjanjikan mobil listrik seharga US$35.000 (Rp522 juta) untuk Tesla Model 3, tetapi Model 3 hanya tersedia dengan harga itu untuk waktu yang singkat.

Musk juga berjanji bahwa mobil seharga USD25.000 itu akan mampu mengemudi sepenuhnya secara otonom atau self-driving, suatu prestasi yang sulit karena sensor dan peralatan lain yang dibutuhkan bahkan untuk pengemudian sebagian otonom mahal.

Baca juga: Esemka Bisa Dibeli Warga Umum, Begini Caranya

Bahkan ketika dia memuji rencana masa depan perusahaan yang ambisius, dia mengakui bahwa perangkat lunak penggerak yang sepenuhnya otonom dari perusahaan mengalami tantangan yang harus melakukan penulisan ulang dari seluruh tumpukan perangkat lunak. Ia juga tidak menjelaskan kapan penulisan ulang itu terjadi.