Esemka Siap Produksi 8 Model Mobil

Presiden Jokowi dan Menperin Airlangga, menjajal mobil Esemka Bima
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho

VIVA – Tahun lalu Esemka menjadi sorotan masyarakat Indonesia. Pabrikan mobil lokal asal Boyolali, Jawa Tengah itu menghadirkan produk perdana mereka yang hadir dalam wujud pikap, yakni Esemka Bima.

Tony Blair Ucapkan Selamat ke Prabowo Usai Menang Pilpres: Fantastis!

Pembukaan selubung mobil dihadiri langsung oleh Presiden Jokowi, dan beberapa pejabat tinggi negara. Esemka Bima tersedia dalam dua tipe mesin, yakni 1.200cc dan 1.300cc. Harganya mulai dari Rp95 juta dalam kondisi off the road, alias belum termasuk bea balik nama dan pajak.

Pada daftar Nilai Jual Kendaraan Bermotor terbaru yang diterbitkan oleh Kementerian Dalam Negeri, dikutip VIVA Otomotif Jumat 25 September 2020, selain Bima ada mobil Esemka satu lagi yang sudah bisa diproduksi secara massal.

Pergerakan Pemudik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang, Menhub Budi Beberkan Catatan dari Jokowi

Kendaraan yang dimaksud berwujud sport utility vehicle atau SUV, dan diberi nama Esemka Garuda 2.0. Mobil ini pernah beberapa kali tertangkap kamera, sedang dibawa menggunakan truk derek.

Baca juga: Viral Fortuner Baru 4.000cc, Netizen Sebut Buatan Indonesia

Survei LSI: Tingkat Kepuasan Publik pada Jokowi Naik 76,2 Persen

Berdasarkan informasi di laman resmi Esemka, PT Solo Manufaktur Kreasi sebagai produsen diklaim telah memiliki izin untuk memproduksi 8 jenis kendaraan dengan berbagai variasi.

Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Budi Setiyadi beberapa waktu lalu pernah mengatakan bahwa ada beberapa model Esemka yang sudah melalui uji tipe kendaraan di Kementerian Perhubungan.

Berikut daftar mobil Esemka yang disebutkan siap untuk masuk ke jalur produksi:

Esemka Bima 1.0 M/T
Esemka Bima 1.2 M/T
Esemka Bima 1.3 M/T
Esemka Bima 1.3 L M/T
Esemka Bima 1.8 D M/T
Esemka Digdaya 2.0 M/T
Esemka Garuda 2.0 (4x4) M/T
Esemka Borneo 2.7 D

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya