SUV Baru Segera Hadir di Indonesia, Lebih Murah dari Toyota Rush

KIA Sonet penantang Honda HR-V
Sumber :
  • Tangkapan layar Youtube

VIVA – Ada yang berbeda di dunia otomotif Indonesia pada tahun ini. Beberapa produsen gencar meluncurkan model sport utility vehicle atau SUV, ketimbang multi purpose vehicle.

Mobil Edisi Terbatas Ini Siap Dipakai Mudik Lebaran

Padahal, pangsa pasar terbesar masih dipegang oleh mobil keluarga serbaguna tersebut. Meski demikian, jumlah peminat SUV mulai bertambah setiap bulannya.

Hal ini tidak disia-siakan oleh pabrikan mobil asal Korea Selatan, yakni KIA untuk turut meramaikan pasar kendaraan  SUV di Tanah Air.

Mobil Baru Edisi Terbatas Dijual di Indonesia, Harga Rp300 Jutaan

Berdasarkan penelusuran VIVA Otomotif di Badan Pendapatan Daerah DKI Jakarta, Senin 28 September 2020, KIA baru saja mendaftarkan SUV baru mereka yang sebelumnya sudah lebih dulu hadir di India.

Baca juga: 5 Mobil Miliaran Rupiah Ini Dibuang, tapi Gak Ada yang Berani Ambil

Daftar Mobil Terbaru Kia di Tahun 2024

Mobil yang dimaksud adalah KIA Sonet, yang di Negeri Hindustan ditawarkan dengan banderol mulai dari 671 ribu Rupee atau setara Rp134 juta.

KIA Sonet hadir dengan banyak sekali inspirasi dari kehidupan warga India. Contohnya, desainer mendapat inspirasi bentuk dari seekor anak gajah. Lalu, tampilan grille Tiger Nose khas pabrikan mobil asal Korea Selatan itu juga dibuat dengan pola anak tangga salah satu arsitektur kuno di negara tersebut.

Dari data Bapenda DKI, diketahui bahwa KIA Sonet yang bakal meluncur di Indonesia hadir dalam dua varian, yakni transmisi manual serta otomatis. Mesinnya menggunakan konfigurasi empat silinder berkapasitas 1.500cc.

Mengenai harga, Kementerian Dalam Negeri menetapkan Nilai Jual Kendaraan Bermotor KIA Sonet di Rp174 juta dan Rp181 juta. Sebagai perbandingan, SUV Toyota Rush memiliki angka NJKB paling rendah Rp189 juta. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya