Uniknya Mobil Setrum Hyundai, Tak Ada Tuas Transmisi dan Pajak Murah

Mobil listrik Hyundai Ioniq
Sumber :
  • Viva.co.id/ Pius Mali

VIVA –Teknologi yang disematkan pada mobil terus berkembang. Jika dulu mobil hanya mengandalkan mesin konvensional sebagai jantung penggerak, kini ada pilihan motor listrik untuk sumber tenaga utamanya.

Mudik Pakai Mobil Listrik, Perhatikan Suhu Cuaca dan Ban

Motor listrik dengan tenaga baterai kendaraan, kini mulai disiapkan oleh produsen otomotif dunia, termasuk Hyundai. Produsen mobil asal Korea Selatan itu pun, sudah memiliki produk kendaraan listrik bernama Ioniq.

Mengemudi mobil listrik di jalan raya, memang butuh sedikit adaptasi. Mobil ini tak lagi memiliki deru mesin layaknya kendaraan bermesin konvensional. Lebih dari itu, Hyundai Ioniq memiliki beberapa keunikan yang bisa menjadi pertimbangan saat ingin memilikiknya. Berikut keunikan yang ditemui VIVA Otomotif saat melakukan uji jalan:

Kemenperin Dorong IKM Berperan dalam Ekosistem Kendaraan Listrik

1. Grille hanya dengan dua lubang

Dari tampilan luarnya, terlihat Hyundai Ioniq memiliki desain futuristis. Paling mencolok terlihat di bagian grille-nya yang tertutup rapat, dan hanya memiliki dua lubang udara yang bisa terbuka dan tertutup otomatis ketika membutuhkan angin lebih banyak.

Ragam Kendaraan Listrik Canggih Siap Meriahkan Pameran PEVS 2024

2. Tak punya tuas transmisi

Masuk ke kabin Hyudai Ioniq, jangan kaget jika tak ada tuas transmisi untuk menjalankan kendaraan. Sebagai pengganti, terdapat tombol 'D', 'N', 'R', dan 'P' berwarna silver di konsol tengah mobil listrik tersebut.

3. Kursi pakai pemanas

Jok pengemudi dan penumpang depan tak hanya bisa diatur untuk posisi maju dan mundur, serta tinggi atau rendah, dan sandaran punggungnya, tetapi juga dilengkapi pemanas tubuh untuk pemakainya. Fitur canggih ini, sebenarnya menjadi piranti standar untuk mobil yang dipasarkan di negara bernusim dingin.

4. Pajak murah

Jika melihat dari Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) Hyudai Ioniq diketahui hanya sebesar Rp2,86 juta. Meski eksteriornnya terlihat seperti liftback, mobil listrik ini tercatat didaftarkan dalam model Micro/Minibus.

5. Diberikan perangkat tambal ban

Jika mengintip bagasinya, maka tak akan terlihat ban cadangan. Menariknya, ban yang dipakai untuk keempat rodanya bukan berjenis Run Flat Tyre (RFT). Sebagai solusi, pembeli mobil akan dibekali dengan tyre repair kit, berisi pompa angin dan karet untuk menambal ban.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya