Bisa Dikemudikan di Laut, Ferrari Bekas Ini Dijual Rp176 Miliar

Ferrari Arno XI dibuat untuk adu cepat di air.
Sumber :
  • Carscoops

VIVA –Nama Ferrari, dikenal masyarakat dunia sebagai merek mobil mewah dan kencang. Jajaran produknya otomotif asal Italia ini pun beragam, mulai dari yang bergaya klasik, sampai model terbaru untuk dikemudikan di lintasan balap.

Jeep Rubicon Mario Dandy Dilelang dengan Harga Limit Rp809 Juta, Intip Spesifikasinya

Mungkin belum banyak yang tahu, kalau di era 1950-an, ada produk dari pabrikan berlogo 'Kuda Jingkrak' ini wujudnya berupa kapal cepat (thunder boat) untuk berkompetisi di lautan. Namanya adalah Ferrari Arno XI, yang diproduksi pada 1952.

Seperti produk mobilnya, kendaraan laut itu dibuat untuk mengejar rekor dunia untuk kecepatan di kelas 800 kilogram. Produk Ferrari Arno XI sendiri, merupakan hasil kolaborasi pembalap speed boat Achille Castoldi, dengan Enzo Ferrari.

Viral Aksi Warga Dubai Tarik Mobil saat Banjir Pakai Jetski

Melansir dari Carscoops, Kamis 8 Oktober 2020, awalnya Castoldi membeli mesin V12 berkapasitas 4.500cc dari Ferrari 375 untuk disematkan pada thunder boat-nya. Ide ini kemudian mendapat dukungan dari Enzo Ferrari yang langsung memodifikasi mesin tersebut.

Baca juga: Buruh Indonesia Lagi Berjuang, di China Malah Dikasih Mobil Baru

Mengenaskan, Ini Penampakan Mobil-mobil Mewah Terendam Banjir di Dubai

Mesin tersebut dimodifikasi dengan rasio kompresi baru, percikan ganda. colokan untuk setiap silinder, dan dua supercharger besar. Hasilnya, jantung penggerak itu mampu menyemburkan tenaga sampai dengan 600 tenaga kuda, dan siap dipakai berkompetisi.

Untuk bagian eksterior, memiliki desain seperti ikan Hiu, dengan laburan cat merah yang identik dengan produk Ferrari. Bagian bawah bodinya, terlihat memakai bahan kayu keras yang telah dilapisi dengan veneer mahoni, untuk pemberat dan menyempurnakan penampilannya.

Ferrari Arno XI tidak hanya terlihat keren, bentuk aerodinamisnya membuatnya bisa melaju sampai kecepatan 242 km/jam di atas permukaan air. Kini, kapal cepat tersebut telah selesai direstorasi dan disertifikasi oleh Ferrari Classiche.

Tak heran jika namanya masuk daftar kendaraan unik yang dijual oleh duPont Registry. Untuk menebusnya, konsumen dan penggemar Ferrari harus menyiapkan dana USD12 juta, atau jika dikonversi setara Rp176,6 milar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya