Suzuki Juaranya Mobil Legendaris

Suzuki All New Ertiga
Sumber :
  • Dok: SIM

VIVA – Suzuki masuk dalam daftar lima produk otomotif asal Jepang yang menguasai dunia. Merek ini sudah ada di Indonesia sejak 1970, dan pada tahun ini mereka memperingati ulang tahun ke-150.

Suzuki Luncurkan Skuter Matik Baru Rp24 Jutaan

Berbeda dengan merek lain, Suzuki menawarkan produk bukan hanya yang sesuai dengan kebutuhan pasar, tapi juga disukai karena memiliki keunikan. Bahkan, tidak sedikit produk mereka yang masuk dalam daftar kendaraan legendaris.

Berdasarkan penelusuran VIVA Otomotif, Jumat 16 Oktober 2020, setidaknya ada lima model Suzuki yang menorehkan sejarah di dunia otomotif nasional.

Harga Suzuki Jimny 5 Pintu Ternyata Mengalami Kenaikan, Cek Harga Terkini

Suzuki Carry

Model pertama yakni Suzuki Carry, kendaraan yang menjadi model pertama andalan mereka di Tanah Air. Hadir perdana dalam wujud pikap, mobil ini ditawarkan untuk mengangkut hasil alam di Sulawesi Utara.

Suzuki Jimny 5 Pintu Mulai Dikirim ke Konsumen

Mobil pikap Suzuki Carry Luxury

“Suzuki Carry pertama kali dijual di daerah Manado, awalnya untuk membantu para petani cengkeh di sana pada 1970-an. Ini kami dapat cerita dari Bapak Subronto Laras,” ujar Direktur Pemasaran Kendaraan Empat Roda PT Suzuki Indomobil Sales, Donny Saputra.

Tahun lalu, SIS menghadirkan generasi terbaru dari Carry. Tak butuh waktu lama, pada Juli 2020 kendaraan ini menjadi mobil paling laris di Indonesia.

Suzuki Vitara

Sebelum hadir istilah sport utility vehicle, kendaraan yang masuk dalam kategori mobil tangguh disebut dengan nama jip. Termasuk juga produk Suzuki Vitara, yang hadir perdana di Indonesia pada era 1990-an.

Model ini banyak penggemarnya, karena memiliki kemampuan penggerak empat roda namun suspensinya senyaman sedan. Meski tidak lagi dijual di Tanah Air, namun jiwa petualangnya tetap hadir di Suzuki SX4 S-Cross.

Suzuki Jimny

Suzuki Jimny hadir jauh sebelum era Vitara, dan di Indonesia lebih dikenal dengan nama Suzuki Katana. Banyak perusahaan karoseri tertarik menghadirkan varian dari mobil ini.

Suzuki Jimny

Generasi baru Jimny yang hadir pada tahun lalu, sampai saat ini masih terus diburu konsumen. Antreannya sangat panjang, mencapai bertahun-tahun.

Suzuki Karimun

Istilah low cost green car identik dengan mobil berukuran mungil yang irit bahan bakar dan harganya cukup terjangkau, dan mulai dikembangkan di Tanah Air pada 2013. Tapi, lebih dari satu dekade sebelumnya Suzuki Indonesia sudah memiliki mobil jenis itu.

Model yang dimaksud adalah Suzuki Karimun, yang hadir perdana pada tanggal 9 bulan 9 dan tahun 1999 serta didatangkan secara utuh dari luar negeri. Tiga tahun kemudian, baru unitnya dirakit secara lokal dan saat ini masih tersedia versi barunya.

Suzuki Ignis

Suzuki Ignis sangat berarti bagi Suzuki. Mobil yang masuk dalam kategori low SUV ini menjadi pelopor di Indonesia, dan berhasil menaikkan pangsa pasar segmen tersebut pada tahun berikutnya.

“Bicara SUV, pasarnya di Indonesia 80 persen berada di entry level. Tahun 2017, tidak ada SUV entry level. Kami luncurkan Ignis, diterima sangat baik di pasar,” tutur Donny.

Suzuki Ignis di IIMS 2017

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya