Dua Mobil Daihatsu Kuasai Pasar Indonesia

Daihatsu Gran Max.
Sumber :
  • counterdaihatsu.wordpress.com

VIVA – Pasar otomotif Indonesia masuk ke dalam tahap pemulihan, pasca anjlok akibat imbas dari adanya pandemi beberapa bulan lalu. Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia, angka penjualan berangsur membaik.

Penjualan Mobil Maret 2024 Tembus 74.724 Unit di Indonesia, Ini Mobil Paling Laku

Pada September tahun ini, total kendaraan bermotor roda empat atau lebih yang dikirim dari pabrik ke diler mencapai 43.362 unit, naik 15,2 persen dari bulan sebelumnya yang tercatat 37.655 unit.

Hal senada juga terlihat pada pengiriman dari pabrik ke diler. Para penjual tampak percaya diri menyetok unit, di mana pada September angkanya sebanyak 48.554 unit atau naik 30,2 persen dari Agustus.

Mobil Ini 3 Kali Berturut-turut Jadi yang Paling Laku di Indonesia

Dari daftar kendaraan yang dijual, ada dua model andalan PT Astra Daihatsu Motor yang menguasai pasar masing-masing.

Baca juga: Suzuki Kuasai Podium MotoGP, Yuk Intip Harga Motornya

Terpopuler: Mobil Murah Laku Keras Jelang Lebaran, Momen Zara Bonceng Ridwan Kamil

Berdasarkan data dari ADM, dikutip VIVA Otomotif Senin 19 Oktober 2020, Daihatsu Sigra menjadi model terlaris di segmen low cost  tiga baris pada bulan ke-9 tahun ini. Angkanya tercatat 1.778 unit, unggul delapan unit dari Toyota Calya yang menduduki posisi dua.

Mobil Daihatsu lainnya yang menjadi penguasa pasar semi bonnet pada September 2020, adalah Daihatsu Gran Max Minibus, yang laku sebanyak 848 unit. Satu-satunya persaingan datang dari Wuling Formo, yang pada periode tersebut cuma terjual 33 unit.

Jika dihitung pada periode Januari hingga September, tahun ini Daihatsu Sigra ada di posisi dua dengan 19.918 unit. Sementara, Daihatsu Gran Max Minibus tetap memimpin dengan 7.286 unit.

“Penjualan Daihatsu hingga kuartal 3 September 2020 masih mencatatkan hasil positif. Kami berharap kondisi penjualan ini dan daya beli dapat terus membaik, di tengah kegiatan masyarakat yang masih menerapkan protokol kesehatan,” ujar Marketing and Customer Relations Division Head PT Astra International – Daihatsu Sales Operation, Hendrayadi Lastiyoso.

Daihatsu Sigra

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya