Komodo Ini Bisa Melesat 60 Km per Jam

Mobil terbaru Fin Komodo.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yunisa Herawati

VIVA – Topik mengenai Pulau Komodo menghiasi Google Trend pada hari ini, Senin 26 Oktober 2020. Hal itu terkait keberadaan truk dan alat berat di taman nasional tersebut.

Gelombang Tinggi, Kapal Wisata Dilarang Berlayar ke Pulau Komodo

Hewan yang masih satu keluarga dengan biawak itu sangat terkenal, bahkan hingga ke manca negara. Komodo dianggap sebagai salah satu spesies yang eksotik, karena seolah berasal dari masa purba.

Kadal raksasa itu saat ini jumlahnya semakin menyusut, sehingga dimasukkan ke dalam kategori hewan yang rentan punah.

Landmark Budaya Floratama di Parapuar, Destinasi Wisata Baru di NTT

Orang banyak mengenal komodo sebagai hewan, namun ternyata nama tersebut juga dijadikan sebagai model dari salah satu kendaraan buatan anak bangsa.

Baca juga: Heboh Ninja ZX-25R Diangkut Polisi Bareng Honda BeAT

Film The Glorious Komodo Island Dirilis, Sajikan Keindahan Labuan Bajo

Memiliki nama lengkap FIN Komodo, kendaraan ini diproduksi secara lokal di Cimahi, Jawa Barat dan memiliki beragam fungsi. Mulai dari untuk mengintai pasukan musuh hingga ambulans darurat.

"Keistimewaan mobil Komodo ini sudah dipatenkan, dan sepenuhnya buatan Cimahi. Kita patut berbangga hati dengan mobil Komodo ini," ujar Presiden Direktur FIN Komodo Teknologi, Ibnu Susilo kepada VIVA Otomotif beberapa waktu lalu.

Selama pandemi, Komodo juga diterjunkan untuk menyemprotkan cairan disinfektan di kawasan Bandung. Mobil tersebut digunakan oleh Badan SAR Nasional wilayah Jawa Barat.

Dapur pacu mobil ini adalah mesin empat langkah berkapasitas 250cc, yang mampu membawa mobil melaju hingga kecepatan 60 kilometer per jam. Sebagai informasi, hewan komodo hanya mampu berlari maksimal 20 km per jam.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya