Fungsi Lain Sabuk Pengaman Mobil, Jadi Gembok Pagar

Sabuk pengaman dipasang untuk gantikan gembok pagar.
Sumber :
  • Screenshot TikTok

VIVA –Berbeda dengan sepeda motor, pada mobil disiapkan banyak perangkat untuk memastikan keamanan pengemudi dan penumpangnya. Salah satu piranti yang wajib ada dan dipakai selama perjalanan adalah sabuk pengaman, alias safety belt.

Pengendara Motor Ini Minta Ganti Rugi Usai Ambil Jalur Mobil hingga Adu Banteng, Netizen Geram

Meski wujudnya sederhana, yakni hanya berupa lembaran sabuk dengan logam pengunci, serta tombol untuk melepaskan kuncian, komponen ini punya tugas berat untuk melindungi orang-orang di kabin mobil.

Sabuk pengaman di mobil-mobil standar umumnya memakai model tiga titik. Ketika memakainya, sabuk menopang badan dari pundak hingga ke pinggang, serta menahan bagian perut selama perjalanan.

Untung Cahyono Minta Maaf Usai Sampaikan Khutbah Salat Id Singgung Pemilu Curang

Ketika terjadi kecelakaan, sabuk pengaman ini punya tugas berat, yakni memastikan penggunanya tidak terlempar dari kursi. Untuk itu, sabuk, logam pengait, serta tombolnya dirancang sangat maksimal.

Terlepas dari fungsinya di dalam mobil, komponen logam pengait dan tombol sabuk pengaman ternyata bisa dipakai untuk kebutuhan berbeda. Salah satunya sebagai pengganti gembok untuk mengunci pagar rumah.

Terungkap, Ini Identitas Pemilik Fortuner Arogan Pelat TNI yang Ngaku Adik Jenderal

Ini seperti yang terlihat dalam sebuah video TikTok yang diunggah oleh akun @welder_marsel. Rekaman gambar memperlihatkan pagar besi yang memanfaatkan komponen logam pengait dan pengunci sabuk pengaman, untuk menggantikan gembok pagar rumah pada umumnya.

Logam pengait yang biasanya tersambung di sabuk, dilepas dan dilas di atas bagian pagar. Sementara tombol merah yang menjadi pembuka kunci, terlihat ditempelkan pada bagian dinding pagar rumah.

Ketika pagar ditutup, maka logam pengait akan masuk ke dalam celah tombol. Layaknya fungsi pada sabuk pengaman mobil, untuk membuka pagar bisa dilakukan dengan menekan tombol merah tersebut.

Baca juga: Recall Toyota Gara-gara Pompa Bahan Bakar Tembus 3 Juta Mobil

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya