Ridwan Kamil Bakal Dapat Mobil Dinas Canggih

Gubernur Jabar, Ridwan Kamil saat memperingati Hari Listrik Nasional
Sumber :
  • Pemprovjabar

VIVA – Pemerintah Provinsi Jawa Barat bakal menggunakan mobil dinas versi canggih, yang berbasis kendaraan listrik. Hal itu diungkapkan langsung oleh Gubernur Jabar, Ridwan Kamil.

Mudik Pakai Mobil Listrik, Perhatikan Suhu Cuaca dan Ban

Pria yang akrab disapa Kang Emil itu mengatakan, penggalakan pemakaian mobil listrik akan dimulai di kalangan pemerintahan, diawali dengan mobil dinas Gubernur dan Wakil Gubernur.

"Saya ingin Jawa Barat jadi provinsi pertama di Indonesia, yang mewajibkan kendaraan dinasnya adalah mobil dan motor listrik,” ujarnya, dikutip VIVA Otomotif dari keterangan resminya, Selasa 3 November 2020.

Kemenperin Dorong IKM Berperan dalam Ekosistem Kendaraan Listrik

Menurutnya, langkah itu perlu segera dilakukan karena saat ini lingkungan sudah mulai rusak, terutama akibat emisi gas buang dari kendaraan yang menggunakan bahan bakar minyak.

“Bencana yang terjadi saat ini, sebagian juga karena kebiasaan kita membuat polusi, di antaranya gas buang kendaraan yang menggunakan BBM,” tuturnya.

Ragam Kendaraan Listrik Canggih Siap Meriahkan Pameran PEVS 2024

Mantan Wali Kota Bandung itu berharap, dengan perubahan kebiasaan menggunakan kendaraan listrik, Jabar menjadi provinsi pertama yang menghasilkan polusi paling kecil di Indonesia.

Berbeda dengan kendaraan konvensional, mobil listrik dan motor listrik tidak menghasikan polusi karena digerakkan oleh dinamo. Ketika daya baterai habis, maka pemilik bisa mengecas di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum atau SPKLU.

Salah satu mobil yang sudah dicoba Kang Emil adalah Hyundai Ioniq. Kendaraan ini juga pernah diuji oleh tim VIVA Otomotif belum lama ini, dan pengalaman yang didapat cukup luar biasa.

Baca juga: Wuling Resmi Luncurkan Penantang Innova, Harga Rp187 Jutaan

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya