Sudah 5 Dekade Mercedes-Benz Temani Pejabat dan Kaum Kaya RI

Perakitan Lokal New GLC dan New GLE Mercedes-Benz
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

VIVA –Nama Mercedes-Benz dikenal sebagai merek kendaraan mewah. Penggunanya kebanyakan para pengusaha, ada juga yang merupakan pejabat negara, dan bahkan menjadi mobil dinas Presiden Indonesia.

Mewah dan Canggihnya Sedan Terbaru Mercedes-Benz

Tak hanya menjual produk, pabrikan otomotif Jerman itu juga sudah mempercayakan model kendaraannya dirakit secara lokal di dalam negeri. Bahkan pembuatan mobil Mercedes-Benz sudah dari puluhan tahun silam.

Ya, tahun ini pabrikan mobil berlogo Bintang itu merayakan 50 tahunnya ada di pasar otomotif nasional. Selama itu pula Mercedes-Benz memiliki produk, yang lahir di fasilitas perakitannya di Tanah Air.

China Serang Balik Kritikan Amerika Serikat soal Produksi Mobil Listrik yang Berlebihan

President Director PT Mercedes-Benz Indonesia, Patrick Schwind mengatakan, selama 50 tahun Mercedes-Benz telah memproduksi serangkaian produk kendaraan luxury di Indonesia, untuk dipasarkan di dalam negeri. 

"Kami telah menunjukkan dan membuktikan kemampuan, untuk merakit serta memproduksi kendaraan luxury berkualitas tinggi di Indonesia. Kami memberi kesenangan kepada pelanggan kami dengan mobil penumpang yang dirakit secara khusus oleh kami," ujarnya dalam keterangan resmi, dikutip VIVA Otomotif, Jumat 13 November 2020.

Jabat KSAU, Marsekal Tonny Harjono Koleksi Mobil BMW dan Marcedes Benz

Selama lima dekade, Mercedes-Benz diketahui sempat dua kali berpindah lokasi pabrik mobil. Pertama kali hadir di Indonesia tahun 1970-an, lokasi fasilitas perakitannya ada di Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Photo :
  • dok. Mercedes-Benz Indonesia

Saat itu, perusahaan yang bernama PT German Motor Manufacturing memproduksi mobil penumpang Mercedes-Benz 200, 240 D dan 280 dari seri W 115. Beberapa tahun kemudian, perusahaan yang sama memilih lokasi produksi di Wanaherang, Bogor, Jawa Barat. 

Pabrik mobil Mercedes-Benz di Wanaherang itu didirikan sejak tahun 1978, dengan luas area secara keseluruhan mencapai 42 hektar. Sampai saat ini, fasilitas tersebut menjadi tempat perakitan mobil mewah jenis sedan maupun sport utility vehicle alias SUV.

Baca juga: Pakai Sabuk Pengaman di Mobil Kini Lebih Mudah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya