Bukan Cuma Mobil Esemka yang Pakai Nama Garuda

Miniatur Tata Garuda
Sumber :
  • Indiatimes

VIVA – Esemka dikenal sebagai salah satu produsen otomotif, yang menggunakan nama Garuda sebagai model kendaraan ciptaan mereka.

Libur Nataru, Ngebut di Jalan Tol ini Siap-siap Ditilang

Garuda adalah nama burung berukuran sangat besar, dan kerap disebut dalam dongeng. Hewan itu juga dipakai sebagai lambang negara, serta dijadikan sebagai nama maskapai penerbangan.

Esemka Garuda hadir dalam wujud sport utility vehicle atau SUV. Beberapa tahun lalu, wujudnya pernah tertangkap kamera sedang dibawa menggunakan truk derek.

Megawati Pernah Kepincut Mobil Esemka

Tampilan depannya terlihat canggih, dengan lampu berteknologi proyektor dan grille besar di bagian depan. Pada bagian belakang, lampu rem diberi aksen garis yang mirip dengan milik BMW.

Dilansir VIVA Otomotif dari Cartoq, Senin 16 November 2020, ternyata nama Garuda bukan hanya dipakai oleh Esemka saja untuk produk kendaraan bermotor.

Geger Mobil Esemka Pakai Tameng Kabin

Para mahasiswa National Institute of Design di Gujarat, India juga merancang sebuah mobil yang menggunakan nama tersebut.

Mereka menggunakan basis dari kendaraan produksi Tata, dan desainnya dirancang sedemikian rupa agar terlihat mewah layaknya limusin.

Kendaraan ini dibuat sebagai usulan ke pemerintah India, untuk menggunakan mobil buatan dalam negeri dalam jajaran pemerintahan, termasuk perdana menteri.

Apa yang dilakukan para mahasiswa tersebut, merupakan upaya untuk mewujudkan program Atmanirbhar Bharat, yakni semaksimal mungkin menggunakan produk buatan mereka sendiri.

Mereka mencontoh Amerika Serikat dan Rusia, di mana presiden masing-masing sudah memiliki kendaraan buatan negara mereka sendiri.

Sayangnya, sampai saat ini Tata Garuda baru sebatas kendaraan konsep dan dibuat dalam wujud miniatur saja. Tidak dijelaskan secara detail mengenai spesifikasi maupun kemampuannya.

Baca juga: Netizen: Naik Ojol Ini Penumpangnya yang Dibayar

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya