Toyota Bakal Ikut Jualan Mobil Listrik Murni di RI, Ada Tapinya

Logo Toyota
Sumber :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

VIVA – Toyota akan melengkapi jajaran produknya dengan kendaraan elektrik, yang mengandalkan baterai sebagai penggeraknya. Saat ini, pabrikan Jepang itu hanya menawarkan jenis mobil hybrid kepada masyarakat Indonesia.

Mudik Pakai Mobil Listrik, Perhatikan Suhu Cuaca dan Ban

President Director PT Toyota-Astra Motor, Susumu Matsuda mengatakan, pihaknya akan terus melengkapi pilihan kendaraan elektrifikasi mulai dari Hybrid Electric Vehicle (HEV) dan Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV) yang sudah dijual di dalam negeri, hingga menyusul Battery Electric Vehicle (BEV) dan Fuel Cell Electric Vehicle (FCEV).

"Toyota sudah mulai elektrifikasi sejak 1990-an di global, kami berkomitmen untuk menghadirkan pilihan mobilitas yang lengkap sesuai dengan yang dibutuhkan masyarakat," ujarnya dalam Webinar, Rabu 18 November 2020.

Pemuda Kena Tipu hingga Puluhan Juta saat Hendak Beli Mobil untuk Ayahnya

Sementara itu, Marketing Director TAM, Anton Jimmi Suwandy mengatakan, TAM akan melakukan dua pendekatan dalam memasarkan mobil tanpa emisi. Pertama, kata dia, menghadirkan ekosistem kendaraan listrik, bekerjasama dengan ITDC Nusa Dua untuk mempersiapkan dan membangun konsep EV Ecotourism di Bali.

Selain itu, pendekatan kedua yakni dengan meluncurkan mobil listrik murni BEV, untuk konsumen dan pelanggan yang dikategorikan cukup mampu secara finansial dan pembelian unit kendaraan. Peluncuran produk tersebut akan dilakukan menjelang akhir tahun ini.

Pelek Baru untuk Mobil Kecil Ini Hadir dengan Beragam Warna

"Kami akan tawarkan produk BEV dari merek Lexus, karena market yang siap adalah premium segmen. Customer merek ini biasanya dua kendaraan atau lebih, jadi bisa dipakai secara bergantian," paparnya.

Jika sudah resmi meluncur nanti, mobil listrik Lexus itu akan bersaing dengan jajaran produk sejenis seperti Tesla dan BMW i3 yang sudah dipasarkan di Indonesia. Banderol untuk menebus kendaraan-kendaraan canggih itu diketahui mencapai miliaran rupiah.

Baca juga: Punya Hobi Dorong Mobil, Pria Ini Berhasil Masuk Rekor Dunia Guinness.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya