BYD Bikin Mobil Listrik Khusus Dipakai Taksi Online

Mobil listrik BYD D1 untuk transportasi online.
Sumber :
  • Carscoops

VIVA –Selain untuk pemakaian pribadi, kendaraan listrik juga disiapkan sebagai moda transportasi massal. Jenisnya beragam, mulai dari yang berwujud mobil pribadi, taksi online, sampai bus berukuran sedang maupun besar.

Mazda Hadirkan 2 Mobil Keren di Auto China 2024

Salah satu pabrikan otomotif yang menawarkan beragam jenis kendaraan listrik, yakni BYD. Produk dari merek Tiongkok tersebut, bahkan sudah bisa terlihat di Indonesia dalam wujud taksi konvensional, serta bus Transjakarta yang terus diuji coba.

Di pasar otomotif global, BYD diketahui baru saja memperkenalkan produk mobil listrik baru yang diberi nama D1. Dari wujudnya, terlihat kendaraan ini memiliki  pintu geser untuk akses penumpang di baris kedua.

Bakal Hijrah ke IKN, Presiden Prabowo dan Wapres Gibran Pakai Mobil Dinas Listrik?

Menariknya, BYD D1 dirancang untuk memenuhi kebutuhan transportasi umum ala kendaraan pribadi. Pabrikan ini, bahkan menggandeng perusahaan transportasi online raksasa Tiongkok, Didi China.

Photo :
  • Carscoops
Diecast Bukan Sekadar Mainan Semata

Kedua perusahaan memakai data dan masukan dari 550 juta, serta 31 juta pengemudi taksi online, dalam mendesain mobil listrik BYD D1. Kerjasama tersebut sudah dijalankan sejak 2 tahun lalu.

"DiDi China telah membangun ekosistem otomotif yang lebih dalam untuk layanan mobilitas inti, dengan menjalin aliansi yang luas dengan produsen, penyedia energi, serta pelaku industri lainnya," demikian keterangan resmi perusahaan, dikutip dari Carscoops, Kamis 19 Januari 2020.

Tak hanya memiliki bodi bongsor layaknya mobil keluarga, kendaraan ini dilengkapi motor listrik berkekuatan 136hp. Baterainya menggunakan jenis lithium-ion, dan bisa dipakai menempuh jarak 418 kilometer dalam sekali pengecasan.

Seperti kebanyakan mobil listrik, kabinnya terlihat sederhana namun canggih. Di dasbor hanya akan ada layar untuk pengaturan dan ventilasi AC. Untuk memaksimalkan kenyamanan dalam perjalanan, penumpang belakang bisa menikmati hiburan dari dua layar yang disiapkan.

Baca juga: Mercedes-Benz Jual Mobil Mewah Edisi Ultah ke-50 di Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya