Selain Mobil Listrik, Toyota Juga Siapkan Kendaraan Lebih Canggih

Mobil konsep Toyota Mirai akan tampil di Tokyo Motor Show 2019
Sumber :
  • Dok. Toyota Global

VIVA – Sebagai pemimpin di pasar otomotif Indonesia, Toyota bakal ikut menghadirkan mobil-listrik">mobil listrik. Meski demikian, produk yang ditawarkan berasal dari merek Lexus, yang menjadi bagian dari unit usahanya secara global.

Jadwal SIM Keliling Jakarta, Bogor, Bekasi, Bandung Kamis 18 April 2024

Pemilihan merek Lexus sebagai peran serta Toyota grup untuk mendukung percepatan mobil listrik, disebut karena segmen premium lah yang saat ini dianggap lebih sesuai. Kendaraan listrik memang harganya masih belum terjangkau.

Selain itu, daya di rumah pada umumnya, belum mumpuni untuk mengecas baterai yang dipakai sebagai sumber tenaga utama. Pemilik mobil Lexus di Indonesia, biasanya punya lebih dari satu kendaraan, jadi mereka bisa menyesuaikan pemakaian mobil listriknya.

Satu Motor dan Mobil Tertimpa Pohon Tumbang di Depok

Mobil listrik Lexus tersebut, akan dibuka selubungnya pada pekan ini, tepatnya 25 November 2020. Informasi yang beredar, produk kendaraan ramah lingkungan tersebut bernama UX 300e. Sesuai kode nama depan yang dipakai, jenisnya adalah sport utility vehicle alias SUV.

Selain baterry electric vehicle (BEV), merek Jepang ini ternyata tak menutup kemungkinan untuk mendatangkan produk yang lebih canggih. Kendaraan yang dimaksud adalah Fuel-Cell Electric Vehicle (FCEV), alias mobil berbahan bakar hidrogen.

Mobil MPV Terlaris Ini Bakal Dapat Mesin Hybrid

Prisdent Director PT Toyota Astra Motor, Susumu Matsuda mengatakan, pihaknya terus melakukan study untuk kendaraan fuel cell tersebut, serta kebutuhan konsumen di Indonesia. Jika dianggap sesuai, bukan tak mungkin ditawarkan juga untuk masyarakat.

"Kami terus melakukan riset untuk kendaraan ini, sembari menunggu kesiapan fasilitasnya. Jika sudah oke, bukan tak mungkin menghadirkan Toyota Mirai," ujarnya dalam seminar online, beberapa waktu lalu.

Diketahui TAM sudah pernah membawa produk mobil berbahan hidrogen, Mirai pada pameran otomotif di Indonesia pada 2015. Selanjutnya pada tahun 2018, agen resmi Toyota itu juga kembali mendatangkan jajaran kendaraan elektrifikasinya.

Di pasar otomotif global, Toyota belum lama ini memperlihatkan mobil konsep Mirai versi baru. Produk itu disebur desain yang menarik dan emosional, serta akan dibekali performa yang dinamis dan responsif agar pengemudi menikmati kendaraan tersebut.

Baca juga: Ternyata Segini Harga Honda CBR1000RR SP yang ditabrak Mobil LCGC.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya