Drifting Ternyata Bukan Hanya Sekadar Meliuk-liukan Mobil

Ilustrasi drifting.
Sumber :

VIVA – Penggemar otomotif mungkin pernah menonton film 'Initial D', atau Fast and Furious Tokyo Drift. Keduanya menampilkan adegan mobil yang meliuk-liuk indah di lintasan aspal. Aksi tersebut kerap disebut sebagai drifting.

Ada yang Aneh dengan Bocah Viral Tabrakkan Chery Omoda E5 di Dalam Mall

Meliuk-liukan mobil ini populer di Jepang, dan diketahui sudah dilakukan sejak tahun 1960-an. Penggemar otomotif di Negeri Sakura, memanfaatkan teknik Opposite-Lock atau counter sterring yang biasa dipakai mobil-mobil dalam kejuaran reli saat menikung dengan cepat dan tepat.

Bedanya, teknik tersebut dipraktikan di jalan berkelok-kelok yang berlapis aspal halus di beberapa jalan pegunungan di Jepang. Tahun 1970-an, salah seorang pembalap legendaris Jepang bernama Kunimitsu Takahasi, memperlihatkan aksi drift di ajang balap mobil All Japan Touring Car Championship (AJTCC).

Citroen Luncurkan Mobil SUV Terbaru di Indonesia, Harga Rp200 Jutaan

Di ajang balap mobil itu, dia mengemudi dengan cara bagian depan mengikuti titik paling luar di sirkuit, dan dilakukan dalam kecepatan tinggi. Alhasil, mobil meliuk namun posisi ban belakang tetap berputar kencang di aspal, sehingga menghasilkan kepulan asap pekat.

Dari situ diketahui bahwa drifting ternyata bukan hanya sekadar skill mengemudi, tetapi sudah menjadi salah satu olahraga otomotif terpandang di dunia. Perhelatannya pun selalu memadukan unsur kompetisi, dan hiburan untuk para penonton.

Mobil Sedan Ludes Hangus Terbakar di SPBU Ngadirojo Wonogiri, Polisi Langsung Olah TKP

Jadi, melakukan drifting bukan hanya memaksimalkan akselerasi dan kecepatan kendaraan. Pengemudi harus bisa meliuk-liukan kendaraannya dengan indah dan tetap mengikuti lintasan yang ada, serta menghasilkan banyak asap dari gesekan ban dengan aspal sirkuitnya.

Bagi yang penasaran ingin mencoba meliuk-liuk dengan mobil, bisa menyambangi Juragan99XAR Drift School di kawasan Serpong Boulevard, Tangerang. Di sana ada pelatihan untuk umum, yang terbagi untuk kelas Rookie dan Pro, serta menerapkan metode One Day Class.

Photo :
  • Istimewa

“Kami melihat drifting semakin berkembang di Indonesia, khususnya di kalangan anak muda. Banyak dari mereka yang ingin belajar, maka itu kami bermaksud menyediakan sarana pelatihan dengan fasilitas terbaik," ujar Akbar Rais, salah seorang pendiri Juragan99XAR Drift School, dikutip VIVA Otomotif, Senin 23 November 2020.

Metode pembelajaranya mulai dari teori dasar drifting, dan hanya pelatihan menggunakan simulator E-Sports. Peserta bisa langsung mempraktikannya di lintasan aspal dengan mobil latihan, dengan mendapat panduan teori dari drifter profesional.

Baca juga: Punya Nama Besar di Indonesia, Segini Penjualan Mobil Suzuki XL7.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya