Kelebihan dan Kekurangan Mobil Honda Bekas vs Mobil Toyota Bekas

cinta mobil
Sumber :

VIVA – Honda dan Toyota merupakan dua pabrikan otomotif yang sudah lama eksis di Indonesia, berikut kelebihan dan kekurangan dari berbagai pilihan mobil Honda bekas dan mobil Toyota bekas di Indonesia.

Toyota Tarik Ratusan Ribu Unit Mobil Prius Hybrid di AS

Honda dan Toyota sama-sama menjadi pemain lama asal Jepang yang saling bersaing dalam berbagai segmen di pasar otomotif Indonesia. Mulai dari model hatchback yang mungil dalam wujud LCGC (Low Cost Green Car), serta SUV yang bertenaga, kedua pabrikan ini memiliki pilihan modelnya. Dengan banyaknya jenis mobil Honda bekas dan mobil Toyota bekas yang tersedia, mari kita simak perbedaanya untuk mempermudah dalam memilih mobil bekas sesuai dengan kebutuhan Anda.

LCGC: Honda Brio Satya vs Toyota Agya
Honda Brio Satya dan Toyota Agya harus saling sikut dalam persaingan mobil Low Cost Green Car (LCGC) yang juga ditempati oleh Suzuki Karimun Wagon R hingga Daihatsu Ayla, kembaran Agya. Keduanya menawarkan model yang kompak: membawa bodi yang mungil untuk menawarkan pengendaraan yang dinamis, tapi sayang sekali harus mengorbankan ruang kabin dan bagasi.

Spesifikasi Toyota Fortuner Hybrid yang Dijual Rp700 Jutaan

Brio yang Mampu menampung lima orang di dalam kabin, bisa dibilang cukup baik dalam hal komposisi jok dan ruang interior. Menghadirkan kesan yang lebih lapang dibandingkan pesaingnya. Kedua mobil menggunakan jok berbahan fabric, namun salah satu kelebihan Toyota Agya adalah kehadiran panel layar sentuh pada dashboard yang memberikan kesan tampilan yang lebih canggih.

Toyota Luncurkan Land Cruiser Versi Tangguh, Harga Lebih Murah

Agya menggunakan mesin 1.2L keluaran tenaga dibanderol mulai dari harga Rp 143 jutaan ini hanya tercatat 89 PS. Dimana harga Agya bekas lansiran 2015 berkisar dari Rp 75 juta hingga Rp 95 jutaan. Sedangkan Brio Satya yang dihargai Rp 146 jutaan menawarkan tenaga maksimal hingga 90 PS. Untuk model tahun 2015, Honda Brio bekas bisa didapatkan mulai dari Rp 90 jutaan.

Hatchback: Toyota Yaris vs Honda Jazz 
Ingin mendapatkan model hatchback yang lebih besar dan lebih lega dibandingkan Brio maupun Agya, Anda bisa memilih antara dua model hatchback menengah ini; Toyota Yaris dan Honda Jazz. Dengan dimensi yang lebih besar, kedua pilihan mobil perkotaan ini menawarkan ruang kabin dan bagasi yang lebih lega.

Keduanya memiliki mesin 1.5L yang lebih bertenaga dibandingkan model LCGC dari kedua perusahaan ini. Hanya saja Yaris baru mengeluarkan tenaga 107 PS dan torsi 140 Nm. Jauh tertinggal dibandingkan Honda Jazz dengan tenaga maksimal mencapai 120 PS dan 145 Nm torsi puncak. Membuatnya menjadi hatchback terkuat di Indonesia saat ini.

Begitu pula dengan harga yang ditawarkan. Honda Jazz baru bisa didapatkan dengan harga mulai dari Rp 250 jutaan. Dimana harga bekas tahun 2015 berkisar antara Rp 170 juta hingga Rp 190 jutaan. Lain halnya dengan Toyota Yaris yang harga barunya dibanderol mulai dari Rp 263 jutaan dan harga mobil bekas Toyota Yaris 2015 bisa didapatkan mulai dari Rp 150 jutaan.

Salah satu keunggulan Honda Jazz yang dimiliki sejak pertama kali dijual di Indonesia adalah soal kepraktisan kabinnya. Fitur Ultra Seat di bangku baris kedua menjadikan kabin mobil ini memiliki fleksibilitas soal kapasitas angkutnya.

LMPV: Toyota Avanza vs Honda Mobilio
Perbedaan paling besar dari kedua mobil ini adalah penggunaan sistem penggerak yang sama sekali berbeda. Pasalnya Avanza dibekali dengan penggerak roda belakang (RWD), sehingga disebut mampu menghadirkan karakter berkendara yang mengesankan di medan menanjak. Dengan kemampuan untuk menampung penumpang yang lebih baik, tidak salah jika mobil Avanza bekas masih menjadi pilihan sebagian besar konsumen Tanah Air.

Sedangkan Mobilio menggunakan sistem penggerak roda depan (FWD). Low MPV kebanggaan Honda ini disebut mampu memberikan rasa berkendara yang menyenangkan, apalagi dibawa di jalanan lurus. Meski performa penjualannya tak begitu baik dalam beberapa tahun belakangan. Meskipun begitu, mobil bekas Honda Mobilio juga masih banyak beredar di pasar mobil bekas Tanah Air.

Dari segi harga, Toyota Avanza bisa dibilang cukup stabil dibandingkan pesaingnya di segmen yang sama. Harga mobil Avanza bekas tahun 2015 saat ini berada dalam kisaran Rp 115 jutaan hingga Rp 140 jutaan. Mobilio baru yang ditawarkan dengan harga Rp 203 jutaan bisa Anda dapatkan dengan harga Rp 130 juta hingga Rp 150 jutaan untuk model keluaran tahun 2015.

Sedan: Honda City vs Toyota Vios
Mungkin Honda City dan Toyota Vios memiliki lebih banyak kesamaan, contohnya sama-sama menggunakan sistem penggerak roda depan. Popularitas Vios cukup tinggi karena sering digunakan sebagai armada taksi. Sayangnya hal ini membuat harga mobil bekas Toyota Vios terdepresiasi cukup tinggi, mengingat mobil ex-taksi disebut akan jauh lebih ringkih dibandingkan mobil untuk pemakaian harian biasa.

Saat ini, harga Honda City dimulai dari Rp 352 jutaan dan ditawarkan dalam satu pilihan varian saja. Honda City bekas tahun 2015 masih cukup tinggi, yaitu mulai dari Rp 180 jutaan. Toyota Vios baru dibanderol lebih murah, yaitu Rp 308 jutaan. Sedangkan mobil bekas Vios 2015 berada dalam kisaran Rp 140 juta hingga Rp 170 jutaan.

Kedua mobil sama-sama menawarkan harga baru yang tidak begitu jauh berbeda. Hanya saja dalam hal efisiensi bahan bakar, Honda City disebut lebih baik dengan konsumsi bahan bakar yang lebih irit. Sedangkan bagi Anda yang menginginkan mobil dengan performa yang lebih menggigit, Vios adalah pilihan terbaik dibandingkan City.

LSUV: Honda BR-V vs Toyota Rush
Di segmen SUV, ada Honda BR-V dan Toyota Rush yang saling bersaing. Hanya saja kedua mobil ini memiliki perbedaan mendasar satu sama lain. Dimana BR-V menggunakan sasis monokok (body-on-frame) yang ringan, sehingga mampu menawarkan bodi yang ringan untuk konsumsi bahan bakar yang efisien. Dan dengan sistem penggerak roda depan, handling yang ditawarkan BR-V bisa dibilang sangat baik.

Sedangkan Toyota Rush dibuat menggunakan sasis ladder frame, menawarkan rasa sporty yang tangguh layaknya SUV tradisional. Ditambah dengan ground clearance yang dibuat tinggi. Dan layaknya mobil Toyota kebanyakan, Rush mendapatkan sistem penggerak roda belakang untuk kemampuan yang diklaim lebih baik dalam menghadapi medan tanjakan.

Seperti mobil Honda bekas lainnya, BR-V memiliki rentang harga yang beragam. Misalnya BR-V 2015 dijual mulai dari Rp 160 jutaan, namun untuk varian Prestige bisa mencapai Rp 240 jutaan. Sedangkan Toyota Rush bekas menawarkan harga yang lebih terjangkau. Rush tahun 2015 saat ini dibanderol dengan rentang Rp 150 hingga Rp 160 jutaan.

Dalam hal harga yang ditawarkan, Toyota memang memberikan harga yang lebih terjangkau dibandingkan Honda. Tapi selama pemakaian, terlihat bagaimana mobil Honda bekas mendapatkan depresiasi atau pengurangan nilai barang yang lebih kecil dibandingkan Toyota. Hal ini tentu mempengaruhi nilai mobil bekas yang menjadi lebih stabil dan tetap tinggi untuk waktu yang lama.

Semua mobil yang ditawarkan memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Berdasarkan lima segmen Honda dan Toyota di atas, pastikan untuk membeli mobil yang sesuai dengan kebutuhan dan budget yang Anda miliki. Selain pilihan mobil Honda bekas dan mobil Toyota bekas, dapatkan berbagai pilihan menarik lainnya hanya di cintamobil.com.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya