Mobil Sultan Versi Nyata Dijual Online, Harganya Rahasia

Mobil sport mewah Cizet V16T
Sumber :
  • Carscoops

VIVA – Jargon 'mobil sultan', kerap diberikan untuk kendaraan-kendaraan mewah dan jarang terlihat di jalanan lantaran produksinya yang terbatas. Pemiliknya, sudah pasti kaum kaya, atau setidaknya para pesohor yang bergelimang harta.

Ajang JDM Funday Mandalika 2024 Bukan Sekadar Balapan Mobil Jepang

Penyebutan mobil sultan, nampaknya harus disematkan untuk supercar Cizeta V16T. Meski sama-sama berbasis dari Italia, pabrikan ini memang tak seternama Ferrari, atau bahkan Lamborghini.

Cizeta Automobili merupakan perusahaan otomotif yang diprakarsai ole Claudio Zampolli dan Giorgio Moroder, dan sudah ada sejak sera 1988. Satu-satunya produk yang ditawarkan adalah supercar bernama Cizeta V16T tersebut.

Mobil Angkot Andalan Masyarakat Ini Segera Berusia Emas

Merek ini ternyata cukup dikenal kaum kaya, bahkan salah seorang pembeli Cizet V16T diketahui adalah Sultan Brunei. Mobil mewah berpenampilan sporty produksi tahun 1993 itu, diketahui juga pernah tampil di pameran otomotif ternama Geneva Auto Show 1993, di Swiss.

Laporan dari Carscoops yang dikutip VIVA Otomotif, Rabu 25 November 2020, mobil mewah berpenampilan sporty itu kini dijual secara online oleh diler spesialis kendraaan langka bernama Curated di Miami, Amerika Serikat.

Hyundai Santa Fe Baru Tertangkap Kamera sedang Tes Jalan di Jakarta

Berstatus mobil Sultan, membuat Cizeta V16T ini memang lebih banyak dijadikan pajangan dan hanya sesekali menyentuh aspal. Tak heran jika odometer di panel instrumen baru mencapai 996 kilometer, meski umurnya sudah 27 tahun.

Penampilan luar Cizeta V16T tak jauh berbeda dengan jajaran produk supercar Lamborghini lawas. Bodinya diberi laburan cat biru muda, dikombinasikan bentuk lampu, spion, sampai pelek yang masih asli dari pabriknya.

Senada dengan eksterior, kabinnya didominasi warna biru muda dengan pelapis kulit. Semua komponen di interior masih mempertahankan orisinalnya, bahkan radionya masih mengadopsi model tombol dengan jarum pencari frekuensi sinyal.

Photo :
  • Carscoops

Sesuai nama Cizeta V16T, jantung penggerak yang dipakai merupakan mesin V dengan 16 silinder berkapasitas 6.000cc. Huruf 'T' itu bukan kode turbocharged, melainkan transverse yang menggambar desain melintang.

Sayangnya tak disebut harga untuk menebus mobil Sultan versi asli tersebut. Peminat maupun kolektor kendaraan mewah, disebut harus mendaftar minat untuk meminangnya melalui surat elektronik.

Baca juga: Siang Ini Toyota Luncurkan Mobil Listrik Pertama dari Merek Lexus.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya