Lagi Musim Mobil Listrik di Indonesia, Mazda Mau Ikutan?

Mobil listrik Mazda MX-30
Sumber :
  • dok. Mazda

VIVA –Mobil listrik diprediksi bakal menjadi tren baru sebagai moda transportasi harian, terutama mereka yang beraktivitas di perkotaan. Saat ini sudah ada beberapa merek yang meniagakan kendaraan ramah lingkungan tersebut di pasar otomotif nasional.

Jeep Rubicon Mario Dandy Dilelang dengan Harga Limit Rp809 Juta, Intip Spesifikasinya

Jajaran produk dari pabrik spesialis mobil listrik Tesla, diketahui bisa dibeli masyarakat melalui importir umum Prestige Motorcars. Penggemar merek otomotif Jerman, bisa memiliki kendaraan berperawakan mungil BMW i3 yang dijual melalui agen resminya di Indonesia.

Jika ragu membeli merek otomotif Amerika Serikat maupun Eropa, bisa memilih Lexus UX 300e yang belum lama ini dbuka selubungnya di Jakarta. Bagi yang dananya masih terbatas, Hyundai juga menawarkan dua produk mobil listrik, yakni Ioniq dan Kona dengan banderol Rp600 jutaan.

Pria Ini Belajar Mengemudi Bermodal Lihat Youtube, Hasilnya Mobil Hancur Tabrak Tembok

Mulai banyaknya pemain mobil listrik di pasar otomotif nasional, ternyata belum membuat Mazda tergoda. Head of Department Public Relations and Media Communications PT Eurokars Motor Indonesia (EMI), Fedy Dwi Parileksono mengatakan, Mazda sudah memiliki produk sejenis bernama MX-30.

"Mazda sudah jualan EV, MX-30. Memang saat ini fokusnya di Eropa, cuma masalah waktu saja masuk ke pasar otomotif Asia," ujarnya saat dihubungi VIVA Otomotif, Kamis 3 Desember 2020.

Toyota Tarik Ratusan Ribu Unit Mobil Prius Hybrid di AS

Terkait rencananya diniagakannya mobil listrik Mazda MX-30, Fedy tak menyebut secara pasti. Dia hanya mengatakan, untuk menghadirkan kendaraan listrik diperlukan infrastruktur yang memadai bagi para pemakainya.

"Infrastruktur ada kaitannya dengan Pemerinta, karena infrasktruktur mobil listrik harus disediakan pemerintah," paparnya.

Sekadar diketahui, MX-30 merupakan kendaraan listrik Mazda yang dibuka selubungnya di pameran otomotif Tokyo Motor Show 2019, di Jepang. Mobil ini memiliki dimensi bodi, yakni panjang 4.395 milimeter, lebar 1.795mm, serta tingginya 1.555mm.

Desain mobil ini terlihat seperti crossover, dengan pintu 'suicide doors' untuk akses penumpang jok baris kedua. Mazda MX-30 memakai baterai lithium-ion berkapasitas 35,5 kWh, yang mendukung pengemudi menempuh jarak hampir 200 kilometer.

Baca juga: Jangan Kaget Kalau Sepeda Motor Listrik Ini Sering Terlihat di Jalanan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya