Jangan Kaget Lihat Mobil Listrik Ngecas di Pom Bensin Pertamina

SPKLU di area SPBU Pertamina Fatmawati di Jakarta Selatan.
Sumber :
  • dok. Pertamina

VIVA –Salah satu kewajiban pemilik kendaraan adalah mengisi bahan bakar minyak alias BBM. Meski demikian, kebiasaan itu lambat laun akan tergeser dengan kegiatan mengisi ulang baterai mobil listrik.

PLN Sebut Tak Semua Tiang Listrik Bisa Dijadikan SPKLU Kendaraan Listrik, Ini Alasannya

Ya, mobil listrik disebut menjadi moda transportasi di masa mendatang. Dengan semakin banyaknya populasi kendaraan tersebut, jelas saja akan menggeser aktivitas mengisi BBM yang biasa dilakukan pemilik kendaraan bermesin konvensional.

Hal ini membuat Pertamina mulai menyiapkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU), guna mengakomadasi kebutuhan para pemilik mobil listrik. Sebab, saat ini BMW, Hyundai, Tesla, dan Lexus telah menjajakan kendaraan tanpa mesin bakar itu di pasar otomotif nasional.

Pertamina Patra Niaga Beberkan Upaya Pemerataan Energi Indonesia di Hannover Messe 2024

Maka jangan heran, jika nantinya di area SPBU Pertamina pengguna kendaraan bisa juga melihat lokasi untuk mengisi daya baterai di mobil listrik. Salah satu contohnya ada di SPBU Fatmawati, Jakarta Selatan, yang mulai beroperasi, Kamis 10 Desember 2020.

"Inilah hasil inovasi untuk mendukung penggunaan energi bersih dan energi terbarukan di Indonesia, sekaligus sebagai persembahan Pertamina pada HUT-nya yang ke-63,” ujar Fajriyah Usman, Vice President Corporate Communication Pertamina dalam keterangannya, Kamis 10 Desember 2020 

Terpopuler: Pertalite Berubah di Papan Harga SPBU, Bocah Tabrakkan Mobil Jualan Sales

SPKLU yang dipasang di area pom bensin Fatmawati, Jakarta Selatan tersebut bisa mengisi ulang baterai mobil listrik dengan daya 50 kW, dan didukung dengan colokan untuk berbagai tipe kendaraan di Indonesia.

SPKLU bisa dipakai untuk dua unit kendaraan roda empat sekaligus. Selain itu, colokan yang dipakai juga sudah mumpuni untuk mobil listrik dengan standar Eropa CCS2, maupun Chademo sebagai standar Jepang. 

Baca juga: Mobil Offroad Generasi Terbaru Diuji Tabrak, Cuma Rusak Sedikit.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya