Dijual di Indonesia, Siapa Pembeli Mobil Mirip Formula One?

Mobil BAC Mono
Sumber :
  • Viva.co.id/ Pius Mali

VIVA – Nama BAC atau Briggs Automotive Company memang belum banyak dikenal masyarakat awam. Pabrikan otomotif asal Inggris tersebut, memasarkan mobil dengan penampilan berbeda daripada yang sudah ada di pasaran, bernama Mono.

Pemuda Kena Tipu hingga Puluhan Juta saat Hendak Beli Mobil untuk Ayahnya

Sesuai namanya, produk BAC Mono memang hanya dirancang untuk satu orang saja di kabinnya. Wujudnya sekilas mirip dengan mobil balap Formula One, mulai dari posisi mengemudi, cockpit dirancang tanpa kaca, serta semua pengaturan kendaraan ada di lingkar kemudi.

Sejauh ini, Mono merupakan satu-satunya produk yang dibuat berdasarkan pesanan terlebih dahulu oleh BAC.Material bodi sampai ke pelek memakai bahan serat karbon. Alhasil bobotnya hanya mencapai 555kilogram saja. Mobil ini juga disertai lampu utama, sein, spion, lampu belakang, serta lampu rem untuk keamanan di jalan raya.

Pelek Baru untuk Mobil Kecil Ini Hadir dengan Beragam Warna

Jantung penggerak mobil BAC Mono mengandalkan mesin bensin empat silinder berkapasitas 2.500cc dengan tenaga 350hp. Mesin tersebut ada di bagian belakang kabin untuk pengemudi. Sementara di depan ada kap kecil, untuk menyimpan helm dan sarung (car cover) mobilnya.

Layaknya pembalap Formula One, orang yang mengemudikannya harus memakai helm dan mengenakan sabuk pengaman ala balap yang tersedia joknya. Semua pengaturan terkait kendaraan terdapat di bagian setir mobil, yang juga bisa dilepas dan dipasangkan.

Punya Audio Mobil Bagus Tidak harus Mahal

Tak hanya di Eropa dan Amerika Serikat saja, BAC Mono model paling baru itu pun dipasarkan di Indonesia, yang sekaligus menjadi negara pertama di Asia Tenggara yang menjualnya secara resmi. Kendaraan unik itu, didistribusikan melalui TDA Luxury Toys.

Presiden Direktur TDA Luxury Toys, Welly Tjandra mengatakan, BAC Mono merupakan kendaraan yang disesuaikan dengan pembelinya. Personalisasi bisa dibuat mulai dari pemilihan warna eksterior, penggunaan material di kabin, hingga ke posisi duduknya ketika mengemudi.

Photo :
  • Viva.co.id/ Pius Mali

"Selama ini kami hanya tawarkan regular product untuk sportcar dan supercar, BAC Mono ini benar-benar sesuatu yang baru. Jadi, target marketnya yang bisa dapat unit ini memang kolektor," ujarnya, Minggu 13 Desember 2020.

Welly mengatakan, di negara asalnya mobil tersebut hanya dibuat sebanyak 50 unit saja setiap tahunnya. Sehingga, untuk pasar otomotif Indonesia hanya akan didistribusikan sebanyak 3 unit saja dalam setahun.

"Kalau misalnya konsumen datang sekarang ke kami, lalu melakukan pemesanan unit BAC Mono. Maka unitnya akan dikirim pada tahun 2023. Untuk surat-surat kami sedang urus, dan kendaraan ini memang legal untuk jalan raya," tuturnya.

Baca juga: Mobil ala Formula One Dijual untuk Kaum Kaya RI, Harganya Rahasia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya