China Bawa Rp72 Triliun ke Indonesia untuk Bikin Baterai Mobil

Pabrik pembuatan baterai mobil listrik milik CATL
Sumber :
  • Nikkei

VIVA – Pabrikan asal China, Contemporary Amperex Technology Limited atau CATL dikabarkan berminat untuk berinvestasi di Indonesia dalam bidang pembuatan baterai mobil listrik.

Sejarah Tercipta Thomas Cup dan Uber Cup, Sempat Tertunda Gegara Perang Dunia II

Dilansir VIVA Otomotif dari Paultan, Jumat 18 Desember 2020, perusahaan tersebut berencana membangun pabrik pada tahun depan.

Nilai investasi yang dikucurkan mencapai US$5,1 miliar, atau setara Rp72 triliun. Dana sebanyak itu akan digunakan untuk mendirikan pabrik, yang rencananya bakal mulai beroperasi beberapa tahun lagi.

Mobil Listrik Baru BYD Bakal Rilis, Pakai Nama Singa Laut

Kabar mengenai investasi CATL diungkapkan langsung oleh Staf Khusus Menteri Koordinator Maritim dan Investasi, Septian Hario Seto.

“Targetnya pabrik CATL akan mulai memproduksi baterai mobil listrik pada 2024,” ujarnya.

Range Rover EV Siap Meluncur, Fitur Berlimpah untuk Semua Medan Jalan

Septian mengatakan, bahwa PT Aneka Tambang dan CATL telah meneken kesepakatan bahwa setidaknya 60 persen pengolahan hasil tambang nikel yang ada di Morrowali, Sulawesi Tengah dilakukan di Indonesia.

Hal itu untuk memastikan, bahwa Indonesia terlibat dalam proses pengolahan dan bukan hanya diambil sumber daya alamnya saja.

“Kami enggak mau mereka mendapatkan nikel, lalu membawanya ke negaranya untuk diolah di sana,” tutur Septian.

Pemerintah diketahui memang ingin agar pengembangan kendaraan listrik bisa dilakukan dengan cepat di Tanah Air. Peraturan Presiden nomor 55 tahun 2019 mengenai Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai sudah terbit, disusul oleh turunannya dari lembaga terkait.

Selain CATL, Hyundai dan LG Chem juga berminat membangun pabrik pengolahan nikel dan pembuatan baterai kendaraan listrik di Indonesia.

LG Chem bahkan disebut siap membawa dana sebesar US$9,8 miliar atau sekitar Rp139 triliun untuk mewujudkan hal itu. Sementara, Hyundai saat ini sudah mulai mendirikan pabrik kendaraan di Cikarang, Jawa Barat dan akan mulai memproduksi mobil listrik pada 2022.

Sebagai informasi, saat ini mobil berpeggerak listrik murni Hyundai yang dijual di Indonesia, yakni Hyundai Ioniq harganya masih di atas Rp600 juta. Dengan adanya produksi unit dan baterai secara lokal, diharapkan banderolnya bisa lebih murah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya