Harga Mobil Ini Enggak Berubah Selama 3 Dekade

Toyota Starlet 1991
Sumber :
  • Celica21gtfour

VIVA – Hampir setiap tahun harga mobil baru di Indonesia mengalami kenaikan. Entah itu karena biaya bahan bakunya semakin tinggi, atau penyesuaian pajak dan bea balik nama.

Dua Mobil Premium BMW Bakal Layani Antar Jemput Pasien RS

Tidak mengherankan, apabila saat ini sudah tidak ada lagi mobil di diler yang ditawarkan dengan harga di bawah Rp100 juta.

Alhasil, sebagian lebih memilih untuk membeli kendaraan dalam kondisi bekas pakai. Dengan dana Rp90 juta, mereka bisa mendapat model yang usia pakainya belum terlalu lama dan kondisinya masih layak pakai.

Chery Perluas Jaringan Diler di Kota Satelit Jakarta

Bicara soal mobil bekas, ada beberapa model yang sudah tidak lagi diproduksi dan dipasarkan di Indonesia, namun harga jualnya tidak banyak berubah jika dibandingkan dengan kondisi baru.

Dilansir VIVA Otomotif dari laman Facebook Motuba, Senin 21 Desember 2020, seorang anggota grup mengunggah daftar harga mobil baru tahun 1991.

Mazda Hadirkan 2 Mobil Keren di Auto China 2024

Pada brosur tersebut, tertera semua mobil baru yang dijual di Indonesia, mulai dari Daihatsu, Toyota, Ford, Fiat, Citroen, Chevrolet, BMW, Mercedes-Benz, Suzuki, Mitsubishi, Nissan, Renault, Holden, hingga Volvo.

Ada salah satu model yang menarik perhatian warganet, yakni Toyota Starlet. Mobil mungil yang masuk dalam kategori hatchback ini kurang lebih tiga dekade lalu dijual dalam kondisi baru dengan harga Rp31,5 juta untuk mesin 1.000cc, dan Rp37 juta untuk mesin 1.200cc.

Salah seorang warganet berkomentar, bahwa harga mobil idola anak muda tersebut kurang lebih sama dengan banderol saat ini dalam kondisi bekas.

“Starlet harga nya stabil mbah 1991-2020,” tulis warganet.

Dari penelusuran VIVA Otomotif di beberapa laman jual beli mobil bekas, Toyota Starlet saat ini memang ditawarkan dengan harga Rp35 juta hingga Rp40 juta.

Sebagai informasi, Starlet pertama kali diproduksi di Indonesia pada era 80-an dan merupakan generasi ke-3. Model tersebut saat ini dikenal dengan nama Starko, kependekan dari Starlet kotak karena bentuknya yang menyerupai kardus.

Baru pada 1990 Toyota Indonesia memproduksi model barunya, yang memiliki julukan Starlet kapsul. Edisi awal mobil ini dibekali mesin 1.000cc dan AC, tanpa ada power steering atau power window.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya