Pabrik yang Bikin Mobil Kesayangan Nikita Mirzani Bangkrut

SsangYong Musso (Boxer)
Sumber :
  • Autoevolution

VIVA – Kabar sedih datang dari Korea Selatan, pabrikan otomotif terbesar ke-4 di negara tersebut menyatakan bangkrut karena krisis keuangan, karena terkena dampak pandemi.

Mobil Gran Max Langsung Terbakar saat Kecelakaan Maut di Km 58, Ada 3 Unsur Penyebabnya

Perusahaan yang dimaksud adalah SsangYong, yang dulu pernah dimiliki oleh Daewoo. Pada 2011, pabrikan ini nyaris tutup namun kemudian dibeli oleh raksasa otomotif asal India, Mahindra.

Era kejayaan SsangYong adalah di 90-an, di mana mereka menjalin kerja sama dengan Mercedes-Benz untuk memproduksi beberapa model.

Terpopuler: Identitas Pemilik Gran Max Maut, Mobil Terlaris 3 Bulan Berturut-turut

Dilansir VIVA Otomotif dari Rushlane, Selasa 22 Desember 2020, kerja sama itu membuat SsangYong bisa menggunakan fasilitas produksi dan komponen milik pabrikan asal Jerman tersebut, sementara Mercedes-Benz diuntungkan dengan penetrasi pasar sport utility vehicle di wilayah Asia.

Ada beberapa produk SsangYong yang dipasarkan secara global, seperti SUV Musso dan sedan Chairman yang mirip dengan Mercedes-Benz E-Class W210.

Terpopuler: Kakak Beradik Korban Kecelakaan Tol Cikampek, Penyamaran Polisi Tangkap Pengedar Ganja

Sebelum dimiliki Mahindra, SsangYong sempat dibeli oleh perusahaan asal China yang kini sukses dengan produk MPV mereka, yakni SAIC. Di Indonesia, merek ini lebih dikenal dengan nama Wuling.

SsangYong juga sempat memiliki fasilitas produksi di Indonesia, di bawah naungan PT Indobuana Auto Raya. Perusahaan ini zaman dahulu membuat produk yang jadi andalan para pejabat, yaitu Volvo.

Produk SsangYong yang dihadirkan di Tanah Air adalah Musso, namun masyarakat lebih mengenalnya dengan nama SsangYong Boxer 320. Mesinnya menggunakan milik Mercedes-Benz dengan kapasitas 3.200cc, yang bisa menghasilkan tenaga lebih dari 200 daya kuda.

Adanya krisis moneter 1998 membuat merek ini tidak lagi dipasarkan di Indonesia. Dan menjelang pergantian tahun 2020, SsangYong juga menyatakan bangkrut dan tidak mampu membayar semua utang yang mereka miliki.

Padahal, sejak diakuisisi Mahindra perusahaan ini sempat meluncurkan mobil Trivoli yang sukses di pasaran dan laku ratusan ribu unit.

Sebagai informasi, Nikita Mirzani beberapa waktu pernah memamerkan SsangYong Musso yang merupakan warisan ayahnya. Mobil tersebut sudah diperbaiki dan dibuat jadi lebih gagah, dengan menambahkan aksesori bertema off-road.

Photo :
  • screenshot Youtube
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya