Daftar 5 Mobil yang Bikin Heboh di 2020

Test Drive All New Honda Brio.
Sumber :
  • Honda Prospect Motor

VIVA – Industri otomotif di Indonesia terbilang besar, setiap tahun bisa memproduksi lebih dari satu juta unit kendaraan bermotor jenis mobil dan truk, serta enam juta unit sepeda motor.

Dua Mobil Premium BMW Bakal Layani Antar Jemput Pasien RS

Dari jumlah tersebut, sebagian besar dipasarkan di dalam negeri, sedangkan sisanya diekspor. Produk otomotif buatan Indonesia dikirim ke banyak negara, mulai dari benua Asia, Amerika, Eropa, hingga Afrika.

Dengan fakta tersebut, tidak heran apabila berita mengenai produk mobil dan motor menjadi perhatian masyarakat di Tanah Air. Ada beberapa berita yang tayang pada tahun ini dan menjadi heboh serta viral. Berikut daftarnya, dirangkum VIVA Otomotif Senin 28 Desember 2020:

Chery Perluas Jaringan Diler di Kota Satelit Jakarta

1. Honda Brio
Mobil mungil Honda Brio menjadi fenomenal di tahun ini, karena empat kali menjadi kendaraan terlaris di Indonesia dan mengalahkan mobil sejuta umat Toyota Avanza, yakni pada April, September, Oktober, dan November.

Generasi ke-2 diperkenalkan perdana pada pertengahan 2018, dan langsung mendapat sambutan meriah dari konsumen. Wujudnya mengalami perubahan, tidak lagi memakai kaca belakang lurus dan desainnya lebih modern.

Mazda Hadirkan 2 Mobil Keren di Auto China 2024

Varian LCGC dari Honda Brio paling banyak laku, karena harganya mulai dari Rp146 jutaan dan mengusung mesin empat silinder berkapasitas 1.200cc yang terbilang irit. Baca selengkapnya di tautan ini.

Photo :
  • Honda Prospect Motor

2. Bocoran Toyota Avanza baru
Beberapa waktu lalu, media sosial diramaikan dengan munculnya foto yang disebut oleh netizen sebagai Toyota Avanza baru. Ada perubahan besar pada MPV tersebut, di mana roda belakangnya tidak terlihat disambungkan oleh gardan.

Banyak yang berspekulasi, bahwa Toyota berencana menghadirkan Avanza versi gerak roda depan. Jenis penggerak yang digunakan oleh Mitsubishi Xpander dan Suzuki Ertiga itu lebih irit bensin serta murah perawatannya, meski kemampuan di tanjakan kurang mumpuni.

Namun, baik Toyota maupun Daihatsu sebagai produsen masih tutup mulut soal hal itu. Mereka hanya mengatakan, bahwa sampai saat ini Avanza dan Xenia masih menggunakan sistem gerak roda belakang. Baca selengkapnya di tautan ini.

Photo :
  • Facebook Motuba

3. Mobil baru Esemka
Meski sempat menuai kontroversi, namun perusahaan Esemka tetap konsisten menjual produk pikapnya. Bahkan, mereka dikabarkan akan bersiap memproduksi mobil baru yang masuk dalam kategori SUV, yakni Esemka Garuda.

Mobil tersebut sudah terdaftar di Kementerian Dalam Negeri untuk penghitungan nilai jual kendaraan bermotor serta pajak, sehingga sudah bisa resmi dipasarkan. Namun, sampai akhir tahun belum juga ada kabarnya.

Pada daftar NJKB yang tertera di Permendagri nomor 8 tahun 2020, diketahui nilai Esemka Garuda sebesar  Rp278 jutaan, naik Rp59 juta dari tahun lalu yang di daftar tertera Rp219 jutaan. Baca selengkapnya di tautan ini.

Photo :
  • Instagram @esemkaofficial_

4. Penantang Fortuner resmi dijual di Indonesia
Toyota Fortuner menjadi salah satu mobil yang populer di Indonesia, tidak heran apabila banyak pabrikan lain yang tertarik menghadirkan model serupa. Salah satunya Hyundai Palisade, yang baru saja resmi dipasarkan di Tanah Air.

Dimensi panjangnya 4,98 meter, lebar 1,976 meter dan tinggi 1,75 meter. Jarak rodanya lebih panjang 155 milimeter dari Fortuner, membuat ruang kaki jadi lebih lega.

Mobil yang menjadi flagship Hyundai ini ditawarkan dengan banderol mulai dari Rp777 juta, dengan mesin diesel berkapasitas 2.200cc. Sementara, harga Fortuner mesin bensin 2.400cc mulai dari Rp504 jutaan. Baca selengkapnya di tautan ini.

Photo :
  • Viva.co.id/ Pius Mali

5. MG Hector Plus siap menantang Innova
Tak hanya Fortuner, Toyota Innova juga mendominasi penjualan di Indonesia. Mobil ini juga diproduksi di India, dan mendapat tantangan dari MG Hector Plus.

Merek yang juga belum lama hadir di Indonesia itu menghadirkan MPV dengan konfigurasi enam tempat duduk. Kesan mewah diberikan lewat adanya atap kaca berukuran besar, serta pengaturan jok depan secara elektrik.

MG Hector Plus ditawarkan dengan harga 1,349 juta Rupee. Jika dikonversi, maka nilainya menjadi kurang lebih Rp260 jutaan. Jauh lebih murah dari Innova yang harganya mulai dari Rp337 jutaan. Baca selengkapnya di tautan ini.

Photo :
  • Rushlane
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya