Suzuki Siapkan Mobil Listrik Rp100 Jutaan

Mobil Listrik Suzuki Wagon R EV
Sumber :
  • Autocar India

VIVA – Suzuki menjadi salah satu pabrikan otomotif yang juga aktif mengembangkan mobil listrik. Mereka pernah menghadirkan kendaraan hybrid beberapa lalu di Indonesia, yakni Ertiga Hybrid, namun kemudian dihentikan penjualannya.

Mudik Pakai Mobil Listrik, Perhatikan Suhu Cuaca dan Ban

Meski memiliki pabrik di bawah naungan PT Suzuki Indomobil Motor, namun sebagian dari model yang hadir di Tanah Air didatangkan dari India, yang juga menjadi basis pengembangan Suzuki di Asia.

Dilansir VIVA Otomotif dari laman Gaadiwaadi, Minggu 3 Januari 2021, Suzuki India diketahui sedang menguji coba mobil listrik untuk dipasarkan secara global.

Kemenperin Dorong IKM Berperan dalam Ekosistem Kendaraan Listrik

Ada 100 unit yang sedang diuji jalan mengellingi berbagai kota di Negeri Bollywood. Kegiatan ini sudah mereka lakukan sejak tahun lalu, dan terus berlanjut sampai sekarang.

Mobil yang digunakan bukan model baru, melainkan pengembangan dari Suzuki Wagon R yang jadi legenda di negara tersebut. Model ini juga hadir di Indonesia, namun diproduksi secara lokal dan mengusung nama Karimun Wagon R, serta masuk dalam segmen low cost green car atau LCGC.

Ragam Kendaraan Listrik Canggih Siap Meriahkan Pameran PEVS 2024

Photo :
  • Indianautosblog

Menurut informasi yang beredar, Suzuki Wagon R EV (Electric Vehicle) rencananya akan dipasarkan pada tahun depan di India, menyusul kemudian beberapa negara lain yang menjadi tujuan ekspor model tersebut.

Tidak banyak spesifikasi yang diketahui, hanya saja wujudnya bakal sedikit berbeda dengan Wagon R yang saat ini dipasarkan di diler. Seperti semua lampu menggunakan teknologi light emitting diode atau LED, dan sistem hiburan kabin yang bisa terkoneksi ke ponsel.

Sampai saat ini, belum diketahui jantung penggerak serta kapasitas baterainya. Namun, disebutkan bahwa waktu pengisian hingga penuh memakan waktu tujuh jam apabila menggunakan listrik rumah.

Informasi lain yang diketahui adalah jarak tempuh mobil yang disebut bakal dijual seharga 1 juta Rupee atau setara Rp194 jutaan ini, yakni 130 kilometer. Apabila diisi dengan stasiun pengisian kendaraan listrik umum atau SPKLU, maka dari nol hingga 80 persen bisa dicapai dalam waktu kurang dari 1 jam.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya