Lagi Ngebut 280 Km/jam, Mobil Ini Dipaksa Ngerem Mendadak

Ilustrasi mobil melaju cepat di jalan tol.
Sumber :
  • Carscoops

VIVA – Selain di sirkuit, ada saja pemilik mobil sport yang dengan sengaja menjajal performa maksimal kendaraannya di jalan tol. Ya, di area ini memang pengemudi bisa melaju lebih cepat daripada di jalur lainnya.

Jeep Rubicon Mario Dandy Dilelang dengan Harga Limit Rp809 Juta, Intip Spesifikasinya

Kebiasaan ini juga kerap dilakukan oleh pengguna sportcar di Eropa, terutama mereka yang tinggal di Jerman. Mereka biasa memacu mobilnya di Autobahn, yakni sebuah jalan penghubung dengan jarak sekitar 13.000 kilometer, dan tak ada batasan kecepatan yang harus dipatuhi.

Meski bebas melaju dengan performa maksimal mobil yang dikemudikan, Autobahn dikategorikan sebagai jalan bebas hambatan teraman di dunia. Jarang sekali terjadi kecelakaan di ruas tersebut. Ini bisa terjadi, lantaran penggunanya saling menghormati, dan untuk bisa mendapatkan Surat Izin Mengemudi di Jerman tidaklah mudah.

Pria Ini Belajar Mengemudi Bermodal Lihat Youtube, Hasilnya Mobil Hancur Tabrak Tembok

Uji performa kendaraan ketika melaju di Autobahan, salah satunya dilakukan oleh pengguna mobil BMW M4 yang rekamannya tayang di Youtube. Pengemudi tersebut, diperkirakan memakai kamera action cam yang dipasang pada helm ketika dirinya mengemudi.

Photo :
  • Boldride
Toyota Tarik Ratusan Ribu Unit Mobil Prius Hybrid di AS

Rekaman gambar awalnya memperlihatkan kendaraan melaju pelan, lalu semakin cepat dari kendaraan di jalur lainnya. Video memperlihatkan kecepatan mobil BMW M4 itu mencapai kecepatan 280 kilometer per jam, dan terus dipertahankan kecepatannya.

Melansir dari Carscoops, Selasa 5 Januari 2020, rekaman gambar tersebut memperlihatkan mobil baru sekitar 15 detik ngebut, lalu melakukan pengereman mendadak. Ini dilakukan untuk menghindari mobil hatchback Mazda 3 yang secara tiba-tiba berpindah ke jalur cepat karena mendahului kendaraan lain.

Beruntung pengemudi mobil BMW M4 itu sigap dan tak melakukan reaksi membelokkan setirnya ke arah jalur lain. Sportcar itu berhasil melambat, namun jarak dengan mobil di depannya terlihat amat tipis. Tak lama, Mazda 3 itu berpindah ke jalur sebelumnya.

Perlu diketahui, melakukan pengereman di atas 280 km/jam, bukanlah pekerjaan mudah. Selain mengandalkan kemampuan komponen kendaraan, pengemudi juga tak boleh panik, untuk menghindari terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya