Bakal Ada Versi Canggihnya, Harga Mobil Ini Mulai Rp120 Jutaan

New Daihatsu Sigra
Sumber :
  • VIVA.co.id/Pius Mali

VIVA – Penjualan mobil di Indonesia pada tahun lalu mengalami penurunan sekitar 45 persen, dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Hal ini terkait adanya pandemi yang melanda banyak negara di dunia.

Mau Beli Toyota Fortuner, Segini Bayar Pajak Tahunannya

Menurut data dari PT Astra Daihatsu Motor, penjualan kendaraan bermotor roda empat atau lebih secara nasional di 2020 mencapai sekitar 578 ribu unit.

Meski ada penurunan di kuartal kedua, namun permintaan akan mobil penumpang dan kendaraan niaga berangsur pulih pada semester kedua di 2020.

Penjualan Mobil Maret 2024 Tembus 74.724 Unit di Indonesia, Ini Mobil Paling Laku

Daihatsu sendiri sepanjang Januari hingga Desember tahun lalu berhasil mengirimkan 100.026 unit kendaraan ke rumah konsumen. Sementara itu, angka distribusi dari pabrik ke diler tercatat 90.724 unit.

Walaupun penurunan angka penjualan ADM mencapai 44 persen, namun jumlah itu masih lebih baik jika dibandingkan dengan penurunan penjualan otomotif secara nasional. Hal itu menyebabkan pangsa pasar mereka naik 0,3 persen, menjadi 17,3 persen di 2020.

Mobil Ini 3 Kali Berturut-turut Jadi yang Paling Laku di Indonesia

“Daihatsu bersyukur dapat menutup 2020 dengan market share 17,3 persen. Penurunan penjualan juga masih lebih baik dibandingkan penurunan pasar secara nasional,” ujar Marketing Director merangkap Corporate Planning and Communication Director ADM, Amelia Tjandra melalui keterangan resmi, dikutip VIVA Otomotif Rabu 13 Januari 2021.

Tiga produk unggulan mereka yakni Daihatsu Sigra yang berkontribusi 26,2 persen atau 26.219 unit, kemudian Daihatsu Gran Max pikap 24.297 unit (24,3 persen) dan Daihatsu Terios 14.493 unit (14,5 persen).

Sebagai informasi, Daihatsu Sigra merupakan kendaraan yang masuk dalam segmen low cost green car atau LCGC. Memiliki kapasitas tujuh penumpang, mobil ini ditawarkan dengan harga mulai dari Rp120 jutaan.

Versi terbarunya diperkenalkan pada September 2019, di mana ADM melakukan banyak ubahan pada eksterior dan interior. Ada dua pilihan mesin pada mobil ini, yaitu tiga silinder 1.000cc dan empat silinder 1.200cc.

Beberapa waktu lalu, Amelia pernah mengatakan bahwa pihaknya berencana menghadirkan Sigra baru dengan fitur yang lebih canggih, yang diberi nama Smart Assist dan berfungsi mencegah terjadinya tabrakan.

“Mobilnya akan kami pilih, enggak semua varian. Misalnya Sigra, yang paling atas karena kan ada ABS (anti-lock braking system). Enggak semuanya ada,” tutur wanita yang akrab disapa Amel tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya