Daihatsu Buka Suara soal Mobil Baru Tahun Ini

Daihatsu Rocky di Tokyo Motor Show 2019
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yunisa Herawati

VIVA – Meski diterpa pandemi, namun Daihatsu tetap berhasil menempati posisi dua merek kendaraan terlaris di Indonesia. Hal itu mereka akui, tidak didapat dengan mudah.

Mobil Rp130 Jutaan Ini Laku Keras Menjelang Lebaran

“Tim dan diler mati-matian ingin mencapai angka keramat 100 ribu unit. Tahun sebelumnya 170 ribuan unit, kemarin bisa 100.029 unit,” uajr Marketing and Customer Relations Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation, Hendrayadi Lastiyoso saat konferensi pers virtual, dikutip VIVA Otomotif Jumat 15 Januari 2021.

Hendrayadi menjelaskan, tahun lalu PT Astra Daihatsu Motor meluncurkan dua produk baru, yakni Ayla yang masuk di segmen low cost green car dan city car Sirion. Namun, respons pasar tidak seperti yang diharapkan.

Mobil Termurah di Indonesia Punya Segudang Fitur

“Baru meluncurkan Ayla dan Sirion, kasus pertama COVID-19 diumumkan. Akhirnya pasar otomotif terjun bebas,” tuturnya.

Menurutnya, peluncuran mobil baru di tengah pandemi tidak berhasil mendongkrak angka penjualan, karena daya beli konsumen menurun. Namun, sejak Juni angkanya sudah mulai meningkat, meski belum mencapai titik ideal.

Daihatsu Ungkap Karakter Pemilik Mobil Buatan Mereka

Hal senada juga diungkapkan oleh Marketing Director merangkap Corporate Planning and Communication Director ADM, Amelia Tjandra. Ia mengatakan, kehadiran mobil baru pada tahun lalu tidak berdampak pada naiknya angka penjualan.

“Dampaknya belum tentu berpengaruh ke pasar mobil. Tahun lalu dampak COVID-19, pasar tidak bergerak. Menurut saya, pasar mobil bisa terangkat yang ditunjukkan GDP (gross domestic product) dan sektor riil meningkat. Kalau tidak, berapa banyaknya model baru tidak akan pengaruh,” ungkapnya.

Meski demikian, wanita yang akrab disapa Amel itu menjelaskan bahwa ADM akan tetap menghadirkan produk baru di tahun ini.

“Tahun ini Daihatsu sudah menyiapkan rangkaian untuk penyegaran produk. Waktunya kapan, nanti kami infokan,” jelasnya.

Sebagai informasi, belum lama ini ada produk baru Daihatsu yang sedang diuji jalan di Indonesia, yakni Daihatsu Rocky. Mobil bergaya SUV itu meluncur perdana di Tokyo Motor Show 2019, yang digelar di Jepang.

Saat ditemui di Jepang, Amel menjelaskan bahwa jika nanti hadir di Tanah Air, maka Rocky akan diproduksi secara lokal.

“Kalau kami enggak produksi di Indonesia, pajaknya mahal banget. Kalau mau diproduksi, harus di Indonesia. Enggak mungkin dari Jepang kami bawa ke sini, karena mahal,” kata Amel.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya