Tips Memilih Mobil untuk Pasangan Muda

Pengunjung suatu pameran mobil di Tangerang beberapa waktu silam.
Sumber :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

VIVA – Menikah adalah salah satu momen yang ditunggu-tunggu oleh sebagian besar orang. Hidup bersama di satu atap bisa memberikan banyak pengalaman baru, termasuk saat memilih kendaraan.

Terpopuler: Catherine Wilson Malu sampai Atta Halilintar Kirim Doa

Tidak sedikit yang beranggapan, bahwa membeli mobil cukup disesuaikan dengan dana yang tersedia. Meski pandangan itu tidak salah, namun ada beberapa pertimbangan lain yang perlu diperhatikan.

Jangan sampai ketika sudah memboyong kendaraan baru, muncul masalah yang justru membuat pengeluaran jadi lebih besar.

Kendarai Sepeda Motor Baru, Pelajar SMA di Brebes Terlindas Truk 

Dilansir VIVA Otomotif dari keterangan resmi Lifepal, Rabu 27 Januari 2021, hal pertama yang wajib ditentukan adalah kapasitas dari kendaraan tersebut.

Kebanyakan pasangan muda akan memilih mobil dengan dua baris jok, karena ukurannya mungil dan bisa dikemudikan dengan mudah oleh sang istri.

Jadwal Mobil SIM Keliling DKI Jakarta, Depok, Bandung, Bekasi Sabtu 20 April 2024

Tapi, kendaraan dengan tiga baris kursi lebih ideal karena bisa mengajak mertua bepergian. Adanya tambahan ruang juga bermanfaat, saat sudah punya momongan dan harus membawa barang yang banyak, seperti ketika sedang berlibur.

Poin kedua yakni menentukan membeli dalam kondisi baru atau bekas. Meski harga lebih murah dan ada garansi, tapi bukan berarti mobil bekas bebas dari masalah. Setidaknya perlu menyiapkan dana cadangan, karena masa pakai komponen sudah berkurang banyak.

Membeli mobil di diler resmi memang bisa membuat hati tenang, tidak perlu khawatir mesin mogok atau rem macet. Jika membayar dengan cara kredit, pastikan tenornya tidak lebih dari empat tahun dan cicilannya kurang dari 35 persen penghasilan bulanan.

Mengenai model dan tipe, setiap orang memiliki selera yang berbeda. Satu yang pasti, sesuaikan biaya servis dan harga suku cadangnya dengan keuangan yang ada. Jangan sampai tekor karena harus mengeluarkan jutaan rupiah hanya untuk ganti oli.

Terakhir dan tidak kalah penting, pilih mobil yang memiliki nilai jual kembalinya baik. Hal ini akan membantu saat ingin menggantinya ke model lain dengan fitur yang lebih canggih. Patokan yang bisa digunakan, yakni merek dan tipe yang banyak ditemui di jalan adalah yang paling mudah dijual kembali.

Selain empat faktor itu, hal lain yang harus diperhatikan adalah memberi perlindungan pada mobil kesayangan. Kalkulator di laman resmi Lifepal bisa dipakai untuk memilih jenis asuransi yang terbaik dan sesuai dengan kebutuhan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya