Selain Punya Perintah Suara, Mobil Wuling Bakal Lebih Canggih

Wuling Almaz
Sumber :
  • VIVA/Pius Mali

VIVA – Mobil China sempat mendapat stigma dari pembeli di Indonesia. Perlahan namun pasti, kepercayaan masyarakat untuk memakai mobil China mulai kembali. Apalagi, kini ada beberapa merek yang menawarkan kendaraan yang sudah diproduksi lokal di Tanah Air. Salah satunya adalah Wuling.

Mobil Dishub DKI Buang Sampah Sembarangan di Puncak Bogor, Ditumpangi Kasatpel

Ya, merek China ini diketahui sudah menjual empat produk di dalam negeri, yakni Confero dan Cortez yang merupakan multi purpose Vehicle. Lalu mobil SUV (Sport Utility Vehicle) Almaz, serta kendaraan niaga bernama Formo.

Kini, Wuling tak hanya mengembangkan produk kendaraannya saja. Teknologi otomotif yang disematkan dalam mobil buatannya pun bakal terus ditingkatkan. Salah satunya dengan memperkenalkan Wuling Interconnected Smart Ecosystem atau WISE.

Raja Malaysia Jadi Pemilik Pertama Mobil Andalan Xi Jinping

Dengan teknologi otomotif terbarunya itu, diharapkan bisa mewujudkan ekosistem pintar antara pengguna dan kendaraan Wuling yang saling terhubung via koneksi internet. Sehingga, bisa melakukan berbagai kendali pada mobil melalui aplikasi pada gawai pintar, ataupun head unit yang tersedia di kabin.

Photo :
  • VIVA/Pius Mali
Penjualan Mobil Maret 2024 Tembus 74.724 Unit di Indonesia, Ini Mobil Paling Laku

Brand & Marketing Director Wuling Motors, Yin Yi mengatakan, WISE juga mencakup Advanced Driver Assistance System atau ADAS yang nantinya membantu pengemudi saat berkendara dalam berbagai kondisi.

"Dengan adanya teknologi ini, kami berharap dapat menjawab kebutuhan masyarakat di era mobilitas modern dan menyajikan kemudahan dalam berkendara di masa mendatang," ujarnya dalam keterangan yang dikutip VIVA Otomotif, Kamis 28 Januari 2021.

Dengan teknologi baru itu, nantinya pengguna mobil Wuling bisa mengetahui posisi kendaraannya, mengemudikannya dengan remote control dalam kondisi tertentu, serta memiliki kemanaan lebih tinggi dibandingkan kondisi standar.

Selain itu, head unit yang ditanam pada dasbor mobil  bisa dipakai untuk navigasi online, memutar musik, serta berkirim pesan elektronik dengan dukungan perintah suara berbahasa Indonesia (Wuling Indonesian Command/WIND).

Sementara itu, Product Planning Wuling Motors, Danang Wiriatmoko mengatakan, pada inovasi baru itu juga ada teknologi Advanced Driver Assistance System atau ADAS yang terdiri dari empat kategori.

Kategori pertama adalah adaptive cruise, lalu berikutnya Lane Recognition Recognition, kategori ketiga yakni Safe Distance & Braking Assistance, dan terakhir adalah automatic light.

"Kami berharap dengan adanya inovasi ini, pengguna dapat semakin mudah berkendara di berbagai kondisi. Seluruh fitur dalam ADAS ini mampu meningkatkan kewaspadaan sehingga dapat mengurangi risiko kecelakaan yang mungkin terjadi," paparnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya