Enggak Nyangka Segini Angka Penjualan Mobil Esemka

Mobil Esemka Bima
Sumber :
  • Esemka

VIVA – Meski banyak dipandang sebelah mata, namun kiprah Esemka di industri otomotif Tanah Air terus berjalan. Perusahaan yang bermarkas di Boyolali, Jawa Tengah itu hadir menawarkan kendaraan jenis niaga ringan.

Kata Budi Arie soal Hubungan Jokowi dengan Prabowo Renggang: Jangan Adu Domba!

Peluncuran model Esemka Bima dilakukan pada 2019 lalu, dan dihadiri oleh Presiden Jokowi serta beberapa pejabat penting lain. Ada dua tipe yang ditawarkan, yakni Bima 1.200cc dan Bima 1.300cc.

Setelah mendapat pesanan dari TNI Angkatan Udara, PT Solo Manufaktur Kreasi kembali dipercaya oleh beberapa instansi untuk menyediakan kendaraan dinas. Termasuk Perusahaan Listrik Negara dan Palang Merah Indonesia.

Momen Sri Mulyani Hadiri Open House Jokowi dan Megawati: Semoga Baik Semua Ya

Esemka Bima yang jadi kendaraan dinas PLN akan ditempatkan di wilayah Lampung, sedangkan yang dijadikan mobil operasional oleh PMI bakal dikerahkan membantu penanganan di wilayah bencana Gunung Merapi.

Lantas, sudah berapa unit Esemka Bima yang dijual ke konsumen?

Sederhana, Potret Busana Iriana Jokowi Saat Open House Curi Perhatian

Humas PT SMK, Sabar Budhi mengatakan bahwa hingga kini sudah ada ratusan unit kendaraan pikap Esemka Bima yang mereka jual.

“Model yang dijual yakni Bima 1.3 dan Bima 1.2. Untuk jumlah sekitar 300-an unit,” ujarnya kepada VIVA Otomotif, Rabu 3 Februari 2021.

Sabar menjelaskan, saat ini ada dua wilayah yang jadi lokasi pemasaran mobil yang ada satu unit di garasi mantan Menteri Perhubungan, Ignasius Jonan itu.

“Wilayah penjualannya ada di Jawa dan Sumatera,” tuturnya singkat.

Sebagai informasi, mesin 1.200cc yang dipasang di Esemka Bima mampu menghasilkan tenaga 96 daya kuda dan torsi 119 Newton meter.

Angka tersebut lebih besar dari performa yang dikeluarkan oleh mesin Low Cost Green Car Honda Brio. Meski sama-sama menggunakan empat silinder, namun mobil terlaris di Indonesia itu hanya memiliki 90 daya kuda dan torsi 110 Nm.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya