Canggihnya Bus Baru Laksana Bikin Warganet Terpesona

Bus listrik buatan karoseri Laksana
Sumber :
  • Tangkapan layar

VIVA – Bisnis karoseri kendaraan di Indonesia cukup menjanjikan, bahkan pasarnya meluas hingga wilayah Asia Tenggara. Seperti yang dilakoni oleh Laksana.

Kecelakaan KA Rajabasa Tabrak Bus dan Timbulkan Korban Jiwa, KAI Soroti Disiplin Lalu Lintas

Perusahaan karoseri yang berlokasi di Ungaran, Jawa Tengah ini awalnya hanyalah sebuah toko penyedia komponen kendaraan. Pada era 70-an, mereka mulai bergerak dalam bidang pembuatan rumah-rumah untuk pikap.

Kini, Laksana menjadi salah satu penyedia karoseri yang jadi andalan Perusahaan Otobus atau PO. Beberapa produk mereka yang banyak beredar yakni Proteus dan Nucleus.

Bus Putra Sulung Tertabrak Kereta Api di OKU Timur, Penumpang Berhamburan

Dilansir VIVA Otomotif dari laman Instagram resmi mereka, Selasa 9 Februari 2021, Laksana baru saja memamerkan bus terbarunya yang menggunakan teknologi canggih.

Kendaraan tersebut adalah bus listrik, yang sasis dan rancangan penggeraknya menggunakan buatan BYD asal China, yang sedang menjalin kerja sama dengan PT Bakrie Autoparts untuk penyediaan kendaraan ramah lingkungan.

Terpopuler: Harga Toyota Fortuner Hybrid, Land Cruiser Tangguh Versi Murah

Dari gambar yang ditunjukkan, tampak desainnya lebih modern dari bus yang ada saat ini. Bagian depannya terlihat ramping, dan dibalut kaca berukuran besar yang menyita dua pertiga permukaan.

Tidak sedikit warganet yang terkagum-kagum dengan wujud bus baru tersebut.

“Mantapppp... Laksana selalu punya ide2 dan gagasan baru,” ujar warganet.

“Keren banget,” tulis warganet lain.

Sebagai informasi, tahun lalu bus tersebut sudah menjalani uji coba sebagai armada TransJakarta. Namun, bentuknya masih berupa impor dalam kondisi utuh atau completely built up.

Dari hasil pengujian, diketahui bahwa bus BYD yang dipakai untuk uji coba memiliki jarak tempuh sekitar 250 kilometer, sebelum baterainya harus diisi ulang dengan durasi pengecasan kurang dari empat jam.

Selama masa uji coba, bus dengan kode EV1 itu mendapat sambutan antusias dari pelanggan, di mana tercatat telah melayani sebanyak 100 orang setiap harinya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya