Mobil Baru Toyota dan Daihatsu Rp140 Jutaan Siap Dijual di RI

Logo mobil Toyota dan Daihatsu
Sumber :
  • VIVA Otomotif

VIVA – Toyota dan Daihatsu dikenal sebagai pabrikan otomotif, yang gencar menghadirkan mobil baru untuk pasar Indonesia. Bahkan, ada beberapa produk yang merupakan hasil kolaborasi antara keduanya.

Terpopuler: Viral Innova Zenix Tak Kuat Nanjak, Chery Omoda 5 Dikomplain Konsumen

Hal ini sudah berlangsung sejak lama, salah satu contohnya adalah saat kehadiran Multi Purpose Vehicle atau mobil MPV Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia. Dua model itu dirakit di pabrik PT Astra Daihatsu Motor.

Demikian pula dengan Low Cost Green Car atau LCGC Toyota Agya dan Toyota Calya, yang serupa dengan Daihatsu Ayla serta Daihatsu Sigra. Sementara di segmen Sport Utility Vehicle atau SUV, ada Toyota Rush dan Daihatsu Terios.

Jadwal Mobil SIM Keliling DKI Jakarta, Bandung, Bogor, Bekasi Rabu 17 April 2024

Kini, keduanya kembali bekerja sama menghadirkan produk baru untuk konsumen di Tanah Air. Hal itu diketahui, dari informasi yang tersedia di Kementerian Dalam Negeri.

Dalam Peraturan Mendagri nomor 1 tahun 2021, tercantum enam mobil baru Daihatsu dan enam dengan merek Toyota. Masing-masing terbagi menjadi dua tipe, dengan kode A250RS dan A251RS.

Chery Omoda 5 Dikomplain Konsumen

Perbedaan dari dua kode itu yakni di bagian mesin, di mana A250RS mengusung mesin berkapasitas 1.000cc, sementara A251RS dibekali mesin 1.200cc.

Toyota memiliki empat tipe A250RS dan dua tipe A251RS, sedangkan Daihatsu memakai dua A250RS dan empat A251RS.

NJKB paling rendah dari 12 tipe tersebut adalah milik Daihatsu, yang nilainya sebesar Rp147 juta. Sementara, tipe dengan merek Toyota memiliki NKJB paling rendah Rp153,3 juta.

Photo :
  • Tangkapan layar

Perlu diketahui, bahwa angka tersebut bukan harga jual yang harus dibayar oleh konsumen, melainkan patokan untuk menentukan pajak serta bea balik nama. Adanya NJKB menunjukkan bahwa model tersebut bisa mulai dijual resmi, namun tergantung pabrikan kapan akan melakukannya.

Belum diketahui nama resmi dari model baru ini, tapi beberapa waktu lalu Daihatsu menyatakan bahwa mereka berencana menghadirkan mobil baru di Indonesia.

“Tahun ini Daihatsu sudah menyiapkan rangkaian untuk penyegaran produk. Waktunya kapan, nanti kami infokan,” ujar Marketing Director merangkap Corporate Planning and Communication Director ADM, Amelia Tjandra.

Santer terdengar, model yang dimaksud adalah SUV Daihatsu Rocky, yang hadir perdana di Tokyo Motor Show 2019. Model ini memiliki kembaran, yaitu Toyota Raize.

Photo :
  • VIVA.co.id/Yunisa Herawati
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya