Mobil Gagah Ini Tak Kuasa Hadapi Ganasnya Alam Papua

Mobil pikap kabin ganda mengarungi sungai di Papua
Sumber :
  • Tangkapan layar

VIVA – Ada beberapa jenis mobil, yang dirancang khusus agar bisa melewati kondisi jalan ekstrem. Contohnya yakni sport utility vehicle atau SUV, dan pikap kabin ganda.

Ada yang Aneh dengan Bocah Viral Tabrakkan Chery Omoda E5 di Dalam Mall

SUV sendiri saat ini terbagi menjadi dua model, yaitu yang menggunakan sasis ladder frame dan monokok. Kelebihan dari model yang pertama yakni ketangguhannya, sedangkan yang kedua yakni fokus pada nyaman dan stabil ketika dipacu kencang.

Meski juga dipasarkan di area perkotaan, namun pikap kabin ganda lebih banyak populasinya di daerah. Mobil ini jadi andalan masyarakat, yang hidup di kawasan terpencil dan akses jalannya masih sangat terbatas.

Citroen Luncurkan Mobil SUV Terbaru di Indonesia, Harga Rp200 Jutaan

Walaupun dirancang dengan semaksimal mungkin mengutamakan kekuatan, namun kendaraan jenis ini terkadang juga tidak mampu menghadapi ganasnya alam.

Contohnya seperti yang terlihat dalam tayangan video di bawah ini. Dilansir VIVA Otomotif dari laman Facebook Motuba, Kamis 18 Februari 2021, satu unit pikap kabin ganda tampak berusaha keras mengarungi sungai yang alirannya deras.

Mobil Sedan Ludes Hangus Terbakar di SPBU Ngadirojo Wonogiri, Polisi Langsung Olah TKP

Peristiwa ini terjadi di Papua, di mana banyak warga yang tinggal di daerah jauh dari akses jalan. Satu-satunya untuk bisa bepergian dengan waktu cepat, yakni mengandalkan pikap atau SUV.

Dalam rekaman video, terlihat Mitsubishi Triton yang diisi banyak orang dan muatan di bagian bak berjuang melawan arus sungai. Pengemudi menerapkan teknik khusus, yakni melawan arus terlebih dahulu dan kemudian berbelok menuju titik seberang.

Namun karena arus begitu kuat, kendaraan tersebut terdorong cepat saat berusaha mencapai tepian. Beberapa penumpang yang ada di bak langsung terjun ke air berusaha menyelamatkan diri.

Sebagai informasi, Triton edisi terbaru saat ini ditawarkan dengan harga mulai dari Rp262 jutaan on the road Jakarta. Kendaraan ini sudah mengusung konsep Dynamic Shield, sama seperti Xpander.

Interiornya diberi fitur mewah seperti pengaturan AC digital, cruise control dan sistem hiburan yang bisa terhubung ke ponsel. Bahkan ada juga kamera parkir dan sistem keyless untuk menghidupkan mesin.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya