Mobil Daihatsu Pakai Fitur Canggih Ini, Enggak Banyak yang Tahu

Ilustrasi knalpot mobil
Sumber :
  • Astra Daihatsu

VIVA – Setiap tahun produsen otomotif selalu melakukan pengembangan, agar bisa menghadirkan produk yang lebih baik bagi konsumen.

Mobil Rp130 Jutaan Ini Laku Keras Menjelang Lebaran

Namun, terkadang ada teknologi buatan mereka yang cara kerjanya canggih namun tidak diketahui oleh banyak orang.

Salah satunya, seperti yang dilakukan oleh Daihatsu. Mereka merancang sistem pembuangan knalpot dengan memakai alat catalytic converter, yang desainnya disempurnakan agar bisa terus digunakan hingga waktu yang sangat lama.

Mobil Termurah di Indonesia Punya Segudang Fitur

Teknologi yang dimaksud adalah Super Intelligent Catalyst, yang dikembangkan oleh pabrikan asal Jepang itu sejak belasan tahun lalu. Peranti ini saat ini sudah diaplikasikan pada semua mobil Daihatsu yang dijual secara global.

Keunggulan dari Super Intelligent Catalyst yakni mampu melakukan self regeneration, sehingga bebas perawatan. Perangkat ini berfungsi menyaring gas buang yang dihasilkan dari pembakaran mesin, agar polusinya menjadi lebih rendah.

Daihatsu Ungkap Karakter Pemilik Mobil Buatan Mereka

Upaya lain yang dilakukan untuk menghadirkan kendaraan ramah lingkungan yaitu menyediakan fasilitas uji emisi yang terdapat di PT Astra Daihatsu Motor (ADM), dan telah bersertifikasi internasional serta menjadi satu-satunya fasilitas uji emisi yang terlengkap dan pertama di Indonesia sampai dengan EURO 6.

Pemilik kendaraan juga bisa berkontribusi dalam mengurangi pencemaran udara, yakni dengan menerapkan beberapa hal berikut ini.

1. Perawatan berkala tepat waktu, seperti mengganti oli dan saringan udara tepat waktu, membersihkan kerak ruang bakar dan selalu periksa tekanan ban.

2. Menggunakan bahan bakar berkualitas, yaitu bahan bakar tanpa timbal, dan memilih RON bahan bakar sesuai rekomendasi.

3. Menerapkan teknik mengemudi eco-driving, seperti menggunakan fitur eco-driving, mengoptimalkan penggunaan AC dan menghindari akselerasi mendadak.

4. Memilih rute jalan yang efisien, memiliki alternatif rute jalan lain, dan tercepat, serta menghindari kemacetan.

“Daihatsu berkomitmen untuk memberikan produk dengan standar kualitas global yang terbaik untuk pelanggan, dan lingkungan. Pelanggan juga dapat menerapkan tips berkendara yang ramah lingkungan, agar membawa dampak positif untuk lingkungan kita agar lebih sehat,” ujar Executive Coordinator Engineering Division R&D ADM, Soni Satriya saat konferensi pers virtual, dikutip VIVA Otomotif Jumat 18 Februari 2021.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya