Kumpulkan Dana Bencana, Mensos Risma Lelang Rolls-Royce

Rolls-Royce Ghost yang akan dilelang Kementerian Sosial
Sumber :
  • Kemensos

VIVA – Kementerian Sosial berencana akan melakukan lelang ulang terhadap beberapa barang yang tersimpan dalam gudang mereka, guna membantu menambah anggaran untuk penanggulangan bencana.

Jeep Rubicon Mario Dandy Dilelang dengan Harga Limit Rp809 Juta, Intip Spesifikasinya

Barang-barang tersebut merupakan hadiah tidak tertebak atau HTT, yang berasal dari penyelenggaraan undian gratis berhadiah yang digelar oleh pihak swasta.

Lebih dari 300 item tersimpan rapi dalam gudang mereka. Beberapa di antaranya merupakan kendaraan bermotor, yang masuk dalam kategori mewah.

Mobil Rubicon Mario Dandy Dilelang! Harga Limitnya Rp809 Juta

Salah satunya yakni mobil Rolls-Royce, yang merupakan HTT atas penyelenggaraan undian gratis berhadiah PT Batik Air. Kemudian ada Mercedes-Benz, dari acara undian yang digelar PT Bank Rakyat Indonesia.

“Saya akan berkoordinasi dengan Kementerian Keuangan. Sudah pernah dilelang dulu. Tapi, ketentuannya kan harus ada periode enam bulan sebelum dilelang kembali. Untuk harganya, perlu dilakukan appraisal lebih dulu,” ujar Menteri Sosial, Tri Rismaharini melalui keterangan resmi.

Proyek Kantor Prabowo di IKN Senilai Rp 1,7 Triliun Mulai Dilelang

Dari penelusuran VIVA Otomotif, Rabu 24 Februari 2021, Rolls-Royce yang disimpan tersebut berjenis Ghost dan merupakan rakitan 2012. Nilai Jual Kendaraan Bermotor atau NJKB mobil asal Inggris itu, saat ini mencapai Rp2,6 miliar.

Rolls-Royce Ghost merupakan sedan mewah yang proses pembuatannya banyak dilakukan secara manual. Salah satunya, yakni garis grafis di bodi yang dikerjakan oleh satu orang saja untuk semua unit yang diproduksi.

Model ini pertama kali dihadirkan pada 2009, dan namanya diambil dari model Rolls-Royce model lama Silver Ghost dari era 1906.

Meski jadi versi paling murah dari merek tersebut, namun kemewahan yang dihadirkan jauh di atas mobil lain pada umumnya.

Mesinnya memiliki spesifikasi 12 silinder 6.600cc, yang dapat menghasilkan tenaga 562 daya kuda dan torsi 780 Newton meter. Edisi terbarunya memiliki NJKB Rp5,6 miliar, tapi harga jualnya bisa melonjak jadi lebih dari Rp15 miliar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya