Jangankan Banjir, Sungai Deras Dilewati Mobil Buatan Indonesia Ini

Mobil buatan Indonesia dipakai menyeberangi sungai deras
Sumber :
  • Tangkapan layar

VIVA – Banjir menjadi salah satu peristiwa yang dikhawatirkan oleh para pemilik kendaraan bermotor. Air dapat dengan mudah membuat kendaraan mogok, dan harus turun mesin agar bisa digunakan kembali.

100 Kilometer Jalan di Jateng Rusak karena Banjir, Perbaikan Dikebut hingga H-7 Lebaran

Tak heran jika kemudian banyak pemilik mobil yang mencari jalur alternatif atau rela menunggu hingga air surut, ketimbang melintasi genangan yang tingginya bisa mencapai lebih dari satu meter.

Seperti banjir yang melanda wilayah Jakarta dan sekitarnya beberapa hari lalu, di mana banyak kendaraan terendam dan juga mogok akibat tingginya curah hujan dan air kiriman.

Sempat Terendam Banjir, Polri Sebut Jalan Demak-Kudus Bisa Dilalui Pemudik

Namun, pemandangan yang sangat berbeda terlihat pada video di bawah ini. Dilansir VIVA Otomotif dari laman Facebook Motuba, Kamis 25 Februari 2021, satu unit mobil buatan Indonesia terlihat dipakai oleh warga untuk menyeberangi sungai.

Kendaraan yang berwujud sport utility vehicle atau SUV itu harus melintasi derasnya arus sungai. Agar bisa tiba di seberang, pengemudi sengaja membuat mobil hanyut. Teknik ini umum dipakai oleh warga yang hidup di area terisolir dan jauh dari infrastruktur jalan maupun jembatan.

Puluhan Orang Didenda Gara-gara Mencuci Mobil

Sembari mengarah ke hilir, lintasannya dibuat diagonal menyamping ke titik seberang. Cara ini memang mengandung risiko besar, karena jika meleset maka bisa terbawa arus hingga jauh.

Dari wujudnya, mobil yang dipakai mirip dengan Toyota Rush atau Daihatsu Terios generasi awal, yang ban cadangannya masih dipasang di pintu bagasi. Keduanya diproduksi oleh PT Astra Daihatsu Motor secara lokal.

“Terios amphibi,” kata warganet.

“Terios konde harga nya naik nih ntar,” ujar warganet lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya