Mobil Pakai Hiasan Dasbor di Wilayah Ini Bakal Kena Denda

Ilustrasi aksesori mobil
Sumber :
  • Toyota Astra

VIVA – Banyak cara dilakukan oleh pemilik mobil, agar kendaraannya bisa tampil berbeda. Mulai dari memasang aksesori bodi, hingga memilih warna yang menarik perhatian.

Daftar Mobil Hybrid Paling Laku di Indonesia Februari 2024

Tak hanya eksterior, bagian kabin juga kerap mendapatkan tambahan aksesori. Selain bisa membuat pengemudi makin nyaman, juga bisa memberi kegembiraan.

Salah satu contohnya, yakni memasang beragam hiasan dan aksesori di atas dasbor. Bentuknya bermacam-macam, mulai dari mobil mainan hingga karakter kartun.

Honda Brio dan Kijang Innova Kalah Laku dari Mobil Ini

Namun di wilayah Kerala, India, pemasangan aksesori ini dianggap sebagai salah satu perbuatan yang melanggar hukum.

Dikutip VIVA Otomotif dari laman Cartoq, Minggu 7 Maret 2021, pemerintah Kerala menganggap adanya aksesori di atas dasbor bisa membahayakan pengemudi maupun penumpang.

Rapor Merah Penjualan Mobil Februari 2024

Ada dua alasan yang dikemukakan, pertama yakni benda tersebut dilihat bisa mengurangi fokus pengemudi. Pantulan bayangannya di kaca dapat membuat pandangan teralihkan.

Selain itu, benda yang umumnya dipasang dengan cara direkatkan tersebut juga berpotensi lepas dan jatuh. Dikhawatirkan pengemudi secara refleks berusaha menahannya, sehingga pandangan tidak mengarah ke depan.

Tak hanya itu, benda-benda tersebut juga berpotensi lepas dan terlempar ke arah penumpang, apabila terjadi tabrakan. Dampaknya, bisa menimbulkan luka serius.

Meski disediakan tempat khusus untuk menaruh barang, namun pemerintah Kerala menyarankan semua benda bawaan disimpan di dalam kotak yang tersedia di dasbor. Termasuk dompet dan ponsel.

Larangan juga diberlakukan untuk aksesori seperti tirai, yang umum dipasang demi menolak panas dan memberi privasi pada penumpang. Kebanyakan di India yang memakai benda tersebut adalah kendaraan dinas pejabat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya