Mobil Ini Enggak Ada yang Berani Menyalip

Aston Martin Vantage jadi safety car
Sumber :
  • Aston Martin

VIVA – Ajang balap menjadi salah satu hiburan untuk para penggemar dunia otomotif. Puluhan mobil melaju kencang, dan setiap pengemudi mengerahkan kemampuan terbaik mereka agar bisa melintasi garis finis pertama.

Toyota Fortuner Hybrid Sudah Ada di Diler, Segini Harganya

Dengan kemampuan mesin yang nyaris setara, tidak mudah bagi para pembalap untuk bisa mendahului rivalnya. Butuh strategi dan kesabaran, agar hal itu bisa diwujudkan.

Namun, ada satu mobil yang saat melintas di sirkuit tidak pernah didahului oleh peserta balap. Alasannya sederhana, jika melakukan itu maka pembalap bisa kena diskualifikasi.

Bayar Pajak Kendaraan Sekarang Dapat Diskon

Mobil yang dimaksud adalah safety car, yang berfungsi sebagai pemandu saat ada peristiwa tertentu seperti kecelakaan. Kendaraan ini hanya dipakai saat ada ajang balap, dan tidak pernah dipakai ke area sirkuit.

Mobil yang mengikuti balapan wajib berada di belakang safety car, menunggu hingga kendaraan tersebut masuk ke area pit baru boleh kembali dipacu kencang.

2 Mobil Harvey Moeis Disita Lagi, Kejagung Juga Usut soal Jet Pribadi

Dilansir VIVA Otomotif dari laman Carscoops, Senin 8 Maret 2021, Aston Martin baru saja mengumumkan bahwa mobil andalan mereka terpilih sebagai safety car untuk perlombaan balap Formula One tahun ini.

Photo :
  • Aston Martin

Basisnya menggunakan Aston Martin Vantage, seri yang sudah dihadirkan pabrikan mobil asal Inggris itu sejak 2005. Terpilihnya mobil ini juga menandai kembalinya Aston Martin ke ajang F1, setelah absen lebih dari 60 tahun.

Vantage yang dipakai untuk memandu jet darat itu dibekali mesin delapan silinder berkapasitas 4.000cc, lengkap dengan tambahan dua turbocharger.

Tenaganya mencapai 528 daya kuda, dan perusahaan merancang ulang suspensi serta peranti aerodinamika agar ban tetap melekat di aspal saat melaju lebih dari 200 kilometer per jam.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya