Tiga Mobil Daihatsu Juga Kena Recall

Daihatsu Grand New Xenia 2019
Sumber :
  • VIVA/Pius Mali

VIVA – Toyota Indonesia baru saja mengumumkan bahwa ada 10 model mobil mereka yang harus dibawa kembali ke bengkel, guna dilakukan perbaikan akibat adanya komponen yang cacat produksi.

Kawasaki Ninja ZX-25R dan ZX-4RR di Indonesia Kena Recall karena Masalah Rangka?

Komponen yang dimaksud adalah pompa bahan bakar, yang dipasang di produk andalan mereka sejak 2017 sampai 2019. Beberapa model yang kena recall yakni Avanza, Rush dan Alphard.

Hal yang sama juga dialami oleh PT Astra Daihatsu Motor, pada tiga produk yang mereka pasarkan di Tanah Air. Dua merupakan kembaran produk Toyota, yakni Xenia dan Terios, sedangkan satu lagi yaitu city car Daihatsu Sirion yang didatangkan dari Malaysia.

Toyota Tarik Ratusan Ribu Unit Mobil Prius Hybrid di AS

“Program recall campaign ini terdampak pada tiga model Daihatsu, yaitu Xenia, Terios dan Sirion, di mana sebenarnya unit yang terkenal tangguh dan bandel di masyarakat, cocok dipakai keseharian,” ujar  Head Product Improvement ADM, Bambang Supriyadi saat konferensi pers virtual, dikutip VIVA Otomotif Kamis 18 Maret 2021.

Bambang menjelaskan, total ada 97 ribuan unit mobil Daihatsu yang terkena dampak dari cacat produksi ini. Rinciannya adalah Grand New Xenia sebanyak 53 ribu, yang mulai diproduksi pada Oktober 2017 hingga Juni 2019.

Nissan Magnite Kena Recall akibat Sensor Gagang Pintu Bermasalah

“Lalu All New Terios sebanyak 41 ribu unit, produksi mulai Desember 2017 hingga Juni 2019.  All New Sirion itu 2.892 unit, mulai produksi Januari 2018 sampai September 2019,” tuturnya.

Bagi para pemilik mobil yang disebutkan di atas, kata Bambang bisa memeriksa apakah kendaraan mereka masuk dalam daftar recall dengan cara membuka laman resmi Daihatsu Indonesia, dan memasukkan nomor rangka pada kolom yang tersedia.

Mereka juga bisa menghubungi nomor layanan pelanggan 1500898, nanti operator akan memandu untuk memastikan bahwa unit yang dimiliki aman atau harus diperbaiki.

“Proses perbaikan kurang lebih dua jam, dan seluruh proses penggantian ini gratis. Kami menyiapkan 160 bengkel resmi, dari Aceh sampai Papua untuk pemeriksaan dan perbaikan,” jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya