Pakai Mobil Ini Dijamin Bebas Pegal saat Macet

Mobil sedan Honda Legend EX
Sumber :
  • Honda

VIVA – Para ilmuwan di pabrik mobil terus berusaha membuat kendaraan yang canggih, seperti bayangan manusia akan teknologi yang ada di masa depan.

Daftar Sepeda Motor yang Cocok Diisi BBM Pertalite

Salah satunya, yakni kendaraan bisa mengemudi sendiri tanpa perlu kendali dari pengemudi. Hal ini sudah ditawarkan oleh Tesla, namun tingkat keamanannya masih jauh dari kata sempurna.

Honda ternyata juga mengembangkan teknologi serupa, dengan memanfaatkan semua masukan yang didapat dari robot Asimo. Kini mereka sudah berhasil masuk ke kendaraan otonom level 3, yang dipasang di model sedan Legend Hybrid EX.

Toyota Starlet Bakal Dihidupkan Lagi sebagai Mobil Listrik, Begini Tampangnya?

Dikutip VIVA Otomotif dari laman Rushlane, Jumat 26 Maret 2021, level 3 dari kendaraan otonom adalah kemampuan komputer untuk mengambil alih kendali dari pengemudi, guna melakukan manuver.

Sistem akan bekerja secara otomatis, dan tangan pengemudi tidak perlu berada di setir. Ia cukup memantau kaca spion, untuk memastikan situasi benar-benar aman dan tidak ada kendaraan kencang yang tiba-tiba muncul.

Isuzu Pamer Teaser V-Cross Facelift, Meluncur Sebentar Lagi

Saat fitur active lane change aktif, maka sensor akan memantau kecepatan kendaraan di depan. Ketika jaraknya sudah cukup dekat, komputer otomatis menghidupkan lampu sein dan mengarahkan setir ke kanan.

Tak hanya itu, Honda juga berhasil mengembangkan teknologi yang memungkinkan pengemudi bersantai saat kondisi macet.

Sistem Traffic Jam Pilot akan berfungsi ketika mobil dalam kondisi dikelilingi oleh kendaraan lain dan berjalan pelan. Komputer akan terus menjaga agar jarak dengan kendaraan di depan tetap konstan, sementara pengemudi bisa rileks menonton video hiburan.

Ketika kemacetan sudah terurai, maka komputer akan meminta pengemudi untuk mengambil alih setir. Sistem ini akan bekerja lagi secara otomatis, ketika menemui kondisi yang sama.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya