Mobil yang Bisa Diperintah Lewat Suara Hadir di IIMS 2021

Mobil baru MG HS
Sumber :
  • viva.co.id/ Pius Mali

VIVA – Selain desain dan harga, faktor lain yang juga jadi penentu ketertarikan konsumen pada mobil yang dipajang di pameran Indonesia International Motor Show atau IIMS 2021, adalah fitur yang disematkan oleh produsen.

Chery Omoda 5 Dikomplain Konsumen

Contohnya seperti yang ada di kendaraan buatan Morris Garage, atau biasa disingkat dengan nama MG. Perusahaan yang dulunya berasal dari Inggris itu berusaha memanjakan pengemudi dan penumpang, dengan kecanggihan masa depan.

Caranya adalah dengan menyematkan teknologi yang diberi nama i-Smart, sebuah pengembangan dalam dunia otomotif yang memungkinkan pengemudi untuk mengakses berbagai macam fitur hanya melalui perintah suara.

Punya Harta Rp23 M, Intip Koleksi Kendaraan Ridwan Kamil yang Ditugaskan Maju Pilgub Jakarta

Untuk bisa melakukan itu, MG memasang kemampuan artificial intelligence atau kecerdasan buatan yang terbagi menjadi empat dasar, yakni Smart Check, Smart Command, Smart Connect, dan Smart Drive – MG Pilot.

Sistem tersebut bekerja dengan memanfaatkan beragam sensor dan kamera yang dipasang di sekeliling mobil, agar bisa mendeteksi potensi masalah dan memberi tahu pengemudi.

Pengakuan Anak Buah Syafrin Tumpangi Mobil Dishub DKI yang Buang Sampah Sembarangan

“Kehadiran teknologi canggih i-Smart akan menghadirkan sensasi baru yang memberikan kontrol sepenuhnya ke tangan pengemudi untuk mengecek, mengendalikan, bahkan terhubung dengan unit kendaraannya,” ujar Marketing and PR Director MG Motor Indonesia, Arief Syarifudin melalui keterangan resmi, dikutip VIVA Otomotif Minggu 18 April 2021.

Photo :
  • viva.co.id/ Pius Mali

Pada fitur Smart Check, pengemudi bisa memantau kondisi mobil sebelum masuk ke dalam kabin melalui ponsel canggih yang terhubung ke internet. Mulai dari posisi parkir, hingga menghidupkan mesin dan penyejuk kabin.

Sementara, Smart Command akan memantau perintah pengemudi dan mengaktifkan fitur yang ada, seperti menyesuaikan suhu AC, membuka sunroof atau mencari alamat.

Smart Connect berguna untuk memandu ke tempat tujuan, sedangkan Smart Drive akan menjaga agar mobil selalu dalam posisi aman saat melintas di jalan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya